Skor LSAT sangat penting bagi kamu yang ingin masuk sekolah hukum. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kamu untuk berprestasi di sekolah hukum. Kamu bisa mengambil kelas persiapan LSAT Jakarta di English Bridge.

Karena tujuan tes ini yang sempit, LSAT sangat berbeda dengan tes lainnya. Kamu harus memahami format tes ini dan setiap pertanyaan yang ada pada tes untuk mendaptkan skor yang maksimal. LSAT dibagi menjadi lima bagian terpisah yaitu penalaran analitis, dua bagian penalaran logis, pemahaman bacaan, dan bagian tulisan.

Bagian tulisan biasanya disediakan dari setiap sekolah hukum tempat kamu mendaftar. Setiap bagian lainnya, kamu akan diberikan waktu sekitar 35 menit dan harus menjawab 24 sampai 28 pertanyaan. Bagian penalaran logis pada LSAT mengambil bobot penilaian paling banyak, sekitar 50 persen dari skor akhir yang kamu capai.

Bagian penalaran logis biasanya akan menguji kemampuan kamu untuk menganalisis dan mengkritik argument yang sebelumnya telah dipresentasikan kepada kamu. Untuk bagian penalaran analitik, akan berisi empat permainan logika yang menguji kemampuan kamu agar memahami suatu struktur hubungan yang kompleks.

Untuk pemahaman membaca, tidak berbeda jauh dengan tes-tes pada umumnya. Bagian ini meminta kamu agar memahami apa yang sudah kamu baca dalam waktu terbatas. Skor maksimal yang akan kamu raih pada ujian ini adalah 180, tetapi dengan mendapatkan skor 170 saja sudah menempatkan kamu di persentil ke-98.

Petugas penerimaan dalam LSAT merasa kinerja bagus yang kamu lakukan saat mengambil gelar sarjana mungkin tidak terlalu berpengaruh dengan keberhasilan disekolah hukum mendatang.

Oleh karena itu, mengingat LSAT dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan kamu untuk memasuki sekolah hukum, penting bagi kamu untuk bisa membagi waktu dan energy yang signifikan sebelum mengikuti tes ini. Berikut ini tips yang bisa kamu gunakan untuk memulai mempersiapkan LSAT:

Manajemen Waktu Untuk Persiapan LSAT Jakarta

 

Banyak yang tidak memiliki manajemen waktu yang baik untuk mempersiapkan LSAT Jakarta. Rata-rata mereka melakukan persiapan yang mepet karena kesibukan. Biasanya mereka menghabiskan waktu belajar dan mengerjakan latihan soal tanpa henti di akhir pekan.

Hadapi LSAT Jakarta Dengan 7 Tips Sukses Ini 3

Sesibuk apapun kamu, kamu harus memiliki manajemen belajar yang baik. Usahakan untuk berlatih LSAT setiap hari. Andrew Brody, direktur konten nasional untuk program LSAT membandingkan mempersiapkan LSAT yang dilakukan dengan manajemen waktu yang baik dengan persiapan LSAT yang dilakukan secara terburu-buru.

Hasilnya, persiapan yang dilakukan secara terburu-buru tidak efektif. Karena kamu tidak bisa menyerap pelajaran dengan waktu yang singkat. Untuk bisa memahami sesuatu dengan baik membutuhkan proses yang panjang.

Sedangkan, seseorang yang mempersiapkan LSAT Jakarta dengan manajemen waktu yang baik, secara teratur belajar setiap hari akan mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan yang mempersiapkan secara terburu-buru.

 

Menganalisa Jawaban Salah Akan Meningkatkan Kemampuan

 

Saat mengikuti LSAT Jakarta, kamu dihadapkan dengan sifat pertanyaan yang tidak biasa. Kamu harus mempraktikkannya secara teratur agar terbiasa dengan format ujiannya.

Melakukan latihan soal saja tidak cukup. Setelah kamu melakukan latihan soal, jangan hanya melihat skor yang diraih dan hanya mencatat setiap skor yang didapatkan. Setiap selesai mengerjakan latihan soal, cobalah untuk memperhatikan setiap pertanyaan yang kamu lewatkan dan cobalah untuk membedakan apa yang menyebabkan kamu melakukan kesalahan saat menjawab soal.

Kamu akan mengalami sedikit peningkatan, ketika mendapatkan skor yang lumayan pada saat latihan tes tetapi tidak menganalisis jawaban yang salah. Tetapi bagi kamu yang setelah melakukan latihan dan menganalisis kesalahan, akan mengalami peningkatan yang lumayan dan itu sangat berpengaruh terhadap skor yang akan kamu dapatkan nantinya.

Sebagian dari kamu yang mengikuti kursus persiapan menganggap menganalisis jawaban yang salah adalah tugas pengajar di tempat les. Padahal akan lebih baik dan lebih efektif jika diri sendiri yang menganalisis, walaupun dengan bantuan pengajar di tempat les.

 

Persiapan LSAT Jakarta Secara Sendiri Atau Dengan Pengajar? 

 

Pada tes LSAT, kekuatan dan kelemahan kamu akan lebih terekspos lebih jelas dari pada tes standar lainnya. LSAT memiliki sifat analitik yang dapat dilihat dari kebanyak pertanyaan yang muncul pada saat ujian, sehingga kemampuan perindividu akan lebih terlihat pada tes ini.

Untuk menghadapi LSAT Jakarta lebih baik kamu melakukan persiapan sendiri dibandingkan dengan teman atau kelompok belajar. Biasanya saat kamu belajar dengan teman atau kelompok belajar, kamu hanya meninjau ujian secara umum daripada memusatkan perhatian pada kelemahan spesifik pada diri kamu.

Mengerjakan LSAT tidak bisa asal tebak, kamu harus menggunakan logika dan berpikir analitis. Cobalah untuk melihat kekurangan kamu pada bagian apa, lakukan latihan sendiri ataupun dibantu dengan pengajar yang berpengalaman.

LSAT merupakan tes berbasis keterampilan dan setiap orang memiliki keunikan tersendiri. Walaupun kamu mempersiapakan tes LSAT secara bersama-sama dengan teman, mengerjakan tugas yang sama, latihan persiapan yang sama, kamu akan memiliki hasil yang sangat berbeda. Karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda.

 

Pertajam Pemikiran Kritis

 

LSAT tidak akan menguji pelajaran yang kamu dapatkan semasa SMA, terkecuali beberapa mata pelajaran dibangku kuliah seperti logika, filsafat, atau penulisan kritis dapat mempersiapkan kamu untuk ujian. Karena mata pelajaran tersebut akan meminta kamu untuk menganalisis teori atau teks yang rumit dan gagasan terkini yang dikumpulkan dari teks-teks secara ringkas dan logis, yang serupa dengan tuntutan LSAT.

Hadapi LSAT Jakarta Dengan 7 Tips Sukses Ini 2

Yang penting saat mengambil tes LSAT Jakarta adalah kamu bisa memahami dan mengekspresikan konsep yang kompleks. Contohnya saja, kamu bisa mengikuti kursus yang membutuhkan banyak pembacaan padat pada topik yang tidak biasa. Kursus tersebut dapat membantu kamu mempermudah memahami bacaan pada LSAT.

 

Lakukan Latihan Percobaan Sebelum Mengikuti LSAT Jakarta

 

Pada bagian penalaran analitis atau permainan logika merupakan salah satu bagian tersulit, karena bagian ini sangat berbeda dengan tes standart lainnya. Pada bagian ini masing-masing mengajukan lima sampai tujuh pertanyaan. Kamu diharuskan untuk memahami hubungan hipotetis yang rumit antara banyak pihak ataupun suatu objek.

Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan memilah-milah hubungan sehingga bisa lebih mudah divisualisasikan dan dipahami. Cara tersebut lebih mudah dibandingkan dengan mengumpulkan jawaban dari sekadar membaca teks dan menjawab pertanyaan.

 

Jawabalah Semua Soal Pada Ujian LSAT

 

Pada SAT, jika kamu menjawab salah makan nilai kamu dikurangi. Pada tes LSAT tidak ada hukuman untuk mendapatkan jawaban yang salah. Jadi sangat penting untuk kamu menjawab semua pertanyaan yang ada.

Pada ujian ini, setiap pertanyaan memiliki bobot nilai yang sama. Pertanyaan yang sulit dengan pertanyaan yang mudah memiliki bobot penilaian yang sama. Jadi jangan sampai kamu terjebak dengan soal yang sulit.

Jawablah pertanyaan mudah terlebih dahulu dan kerjakan pertanyaan yang susah jika masih ada waktu yang tersisa. Lebih baik kamu menjawab pertanyaan yang mudah sebanyak mungkin, dibandingkan kamu terjebak pada pertanyaan yang sulit dan mengerjakannya dengan terburu-buru.

 

Mendeteksi Pertanyaan Mudah Pada LSAT

 

Mengenai struktur LSAT, pertanyaan dalam penalaran analitis dan bagian pemahaman bacaan cenderung semakin sulit dibandingkan dengan lainnya. Biasanya kasus soal pada bagian permainan logika pertama lebih sederhana dari pada yang berikutnya, pada bagian bacaan pertama akan lebih mudah dimengerti dari pada yang berikutnya.

Di bagian penalaran logis, kesulitan juga meningkat saat kamu mengalami kemajuan dalam tes. Tetapi pada akhirnya di bagian tengah dan bagian mendekati akhir soal akan menjadi lebih mudah kembali.

Kamu mencari kelas persiapan LSAT jakarta? Kamu bisa berkonsultasi mengenai LSAT di nomor whatsapp 0812 100 600 75. English Bridge mempunyai pengajar yang berpengalaman pada tes LSAT, kamu akan diajarkan strategi dan tips untuk menjawab semua soal ujian.