Pada artikel kali ini kita akan membahasa tentang 8 Tips Untuk Menghadapi IELTS Speaking. Tes berbicara bisa menjadi percakapan yang menyeramkan bagi sebagian orang yang tidak merasa siap. Saat belajar bahasa Inggris, kadang kala dianggap sebagai ujian terakhir. Karena ini adalah percakapan tatap muka, ada lebih banyak tekanan untuk melakukan yang terbaik.

 

8 Tips Menghadapi Tes IELTS - 1

Pada bagian pertama, penguji akan mengajukan pertanyaan tentang topik normal, seperti rumah, pekerjaan atau studi. Yang paling penting adalah bersantai dan mencoba untuk percaya diri dengan kemampuan Kamu. Jika Kamu merasa tertekan, maka bicaramu menjadi tidak lancar.

Berikut Ini Daftar Tips IELTS Speaking  yang dapat membantu Kamu lulus ujian.

1) Cobalah Banyak Berbicara

Dengan banyak berbicara, Kamu memiliki lebih banyak kesempatan untuk membuktikan seberapa baik Kamu mengetahui bahasanya. Selain itu, ini memberi Kamu lebih banyak kesempatan untuk memperbaiki ucapan dan kesalahan Kamu, jenis yang tidak akan dinyatakan jelas bahkan ketika dinyatakan secara tertulis.

Semakin lama Kamu berbicara, semakin Kamu mengaktifkan pusat bicara otak Kamu. Hal ini akan, menyebabkan Kamu mengingat lebih banyak tentang apa yang telah Kamu pelajari dan juga memproses informasi dengan lebih baik. Anggap saja “masuk ke arus” untuk bercakap-cakap.

2) Bicara dengan lancar dan dengan Spontanitas

Tips IELTS Speaking yang ke 2 Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tapi tetap saja, Kamu harus mencobanya. Berbicaralah seperti bahasa lokal, pelajari kata-kata slang dan bagaimana orang berbicara dalam musik, film atau acara TV. Ini akan membuat Kamu terdengar lebih alami.

Cobalah dan bicarakan secara spontan, jangan terlalu banyak memikirkan apa yang akan Kamu katakan,. Kata-kata yang benar harus mengalir dari mulut Kamu tanpa banyak berpikir. Bila Kamu bisa melakukan ini, Kamu berbicara secara spontan, seperti menggunakan Bahasa ibumu.

3) Tenang … Yakinkan Dirimu!

Keyakinan dan relaksasi adalah Tips IELTS Speaking yang ke 3 dan juga  dua kunci terbesar untuk lulus tes IELTS. Kamu telah lama belajar dan mempraktekkan bahasa, jadi Kamu harus merasa lebih percaya diri.

Dengan memiliki sikap santai, Kamu akan tampil nyaman, tenang dan menguasai diri didepan penguji. Dari keadaan rileks ini datang kepercayaan diri. Keyakinan akan kemampuan berbahasa Inggris akan membantu kata-kata mengalir lebih baik dan memungkinkan Kamu berbicara dengan lebih lancar.

4) Kembangkan Jawaban Kamu

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang adalah jika mereka menjawab sebuah pertanyaan dan jawabannya tidak jelas, mereka meninggalkannya atau tidak menjelaskannya. Ketika orang melakukan ini, ini menunjukkan bahwa mereka tidak tahu bagaimana menjelaskan jawaban mereka, atau tidak dapat menjawab pertanyaan itu.

Tips IELTS Speaking selanjutnya yaitu bila Kamu memberikan jawaban yang mungkin tidak jelas, coba dan jelaskan. Jelaskan jawaban Kamu lebih banyak, atau bicarakan hal ini dalam rincian yang lebih dalam. Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa Kamu memahami topik dan jawaban Kamu berasal langsung dari pengetahuan dan pengalaman Kamu.

5) Bicara Lebih dari Tester Kamu

Sejujurnya, kebanyakan penguji tidak ada di sana untuk berbicara. Mereka ada di sana untuk mengajukan pertanyaan dan memberi nilai jawaban Kamu atas pertanyaan-pertanyaan itu. Sementara hakikat ujian IELTS adalah percakapan tatap muka yang mencerminkan situasi kehidupan nyata, namun tetap merupakan ujian.

Berbicara lebih dari penguji Kamu memungkinkan Kamu mengembangkan jawaban Kamu dan lebih baik masuk ke dalam aliran percakapan Kamu. Dalam beberapa hal, ini seperti memimpin percakapan dan akan menunjukkan kepercayaan diri pada kemampuan Kamu. Tapi, Kamu juga harus berhati-hati untuk tidak terlalu banyak bicara, jika tidak, Kamu mungkin tampak gugup atau cemas. Temukan keseimbangan dan apa yang tepat untuk Kamu.

6) Jika Kamu Tidak Mengerti, Bertanyalah

Orang-orang yang gugup dan pemalu tidak akan meminta klarifikasi saat mereka diberi pertanyaan yang mereka tidak sepenuhnya mengerti. Ini adalah ide yang buruk, karena mereka mungkin kemudian mencoba dan menjawab pertanyaan tanpa mengetahui apa yang diminta.

Bila Kamu melakukan ini, kemungkinan Kamu akan memberikan jawaban yang salah. Karena itu, jangan takut bertanya apakah Kamu tidak mengerti apa yang pemeriksa katakan. Mereka akan menghargainya, dan itu biasa dilakukan dalam percakapan. Jadi, itu menunjukkan keinginan Kamu untuk lebih belajar dan mengerti bahasa yang sangat positif.

7) Jangan Menghafal Jawaban

Ini mungkin tampak seperti ide yang buruk. Saat Kamu mempersiapkan ujian, Kamu menghafal jawaban sehingga Kamu bisa mendapatkan jawaban yang benar. Itu masuk akal dalam kebanyakan tes, tapi ujian IELTS tidak seperti itu. Kamu tidak memiliki banyak pilihan jawaban atau masalah matematika.

Menghafal jawaban atas pertanyaan akan mengembangkan otak Kamu untuk mengingat jawaban tersebut dan hanya mereka. Ini akan memperlambat kemampuan Kamu untuk mendengarkan, memproses dan menanggapi pertanyaan yang diajukan.

Kamu ingin jawaban yang Kamu berikan berasal dari tempat yang lebih spontan seolah ini adalah percakapan alami. Hanya orang-orang palsu yang akan menghafal jawaban yang mereka gunakan dalam percakapan normal.

8) Praktek, Praktek, Praktik

Di atas semua Tips IELTS Speaking lainnya, Kamu harus berlatih. Latihlah pembelajaran Kamu dengan berbicara dengan orang-orang di internet, telepon atau di jalanan. Mintalah petunjuk dari orang asing, atau bergabunglah dengan situs web percakapan webcam. Membaca dan menulis sering, menonton film, acara TV atau mendengarkan musik.

Pastikan untuk mematikan sub judul sehingga Kamu tidak membuatnya terlalu mudah untuk diri sendiri. Dengan melatih kemampuan Kamu dalam berbagai situasi, Kamu akan mengembangkan otak untuk memahami, memproses dan merespons setiap percakapan yang berbeda. Ini akan membantu Kamu berkembang menjadi pembicara yang lebih alami dan percaya diri.

Tes Berbicara bisa sangat menegangkan bagi sebagian orang. Tetapi penting untuk diingat bahwa Kamu telah berlatih (semoga) untuk ujian ini. Kamu telah menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk belajar bahasa dan mempraktikkannya dalam berbagai situasi. Jadi, ingatlah untuk santai, percaya diri dan mencoba menjadi spontan.

Bicara sering dan mintalah klarifikasi jika Kamu tidak mengerti. Jangan menghafal jawaban Kamu dan cobalah yang paling sulit untuk menjadi alami dan fasih berbicara. Kamu akan melakukannya dengan sangat baik jika Kamu bisa mengikuti 8 IELTS Speaking Tips ini. Beberapa mungkin lebih sulit dari yang lain, tapi cobalah yang terbaik dan Kamu akan lulus ujian. Selamat mencoba dan lakukan yang terbaik!

Segera gabung di English Bridge. Kamu bisa berkonsultasi secara gratis dengan menghubungi no whatsapp 0812 100 600 75.