Apa kamu tau perbedaan TOEFL dan IELTS? Saat mendaftar ke universitas di negara berbahasa Inggris, kamu harus mengirimkan skor tes IELTS atau TOEFL. Kami memeriksa perbedaan diantara keduanya.

Jika Kamu berencana untuk belajar di luar negeri di negara berbahasa Inggris,  kemungkinan besar kamu harus menyerahkan skor IELTS atau TOEFL. Meskipun keduanya merupakan tes standar yang ditunjukan untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris, kedua tes tersebut berbeda dalam format, skor dan banyak lagi. Di sini kita mengeksplorasi perbedaan TOEFL dan IELTS.

Ikhtisar

Untuk Inggris, hanya IELTS UKVI (UK Visa and Immigration), yang juga digunakan untuk mendukung aplikasi Visa dan Imigrasi Inggris, yang diterima. Tapi untuk Kanada dan AS, baik TOEFL atau IELTS akan digunakan. Siswa yang ingin mengikuti tes dapat menemukan pusat-pusat lokal di mana tes ditawarkan.

Untuk menemukan lokasi tes untuk IELTS, kamu bisa pergi ke situs web IELTS . TOEFL ditawarkan lebih dari 50 kali dalam setahun dan kamu dapat mencari lokasi tes di sini . Harga untuk kedua tes serupa, dan berkisar antara USD 150-250, tergantung di mana kamu mengikuti tes ini.

Kedua tes terdiri dari 4 bagian yang menguji aspek bahasa yang paling penting: berbicara, mendengarkan, menulis dan membaca. TOEFL bagaimanapun sepenuhnya pilihan ganda, sedangkan IELTS memiliki campuran jawaban singkat, dan pertanyaan esai.

TOEFL tersedia sebagai tes berbasis kertas, tapi tes berbasis internet lebih populer. IELTS hanya tersedia sebagai tes berbasis kertas. TOEFL berbasis internet dapat memakan waktu hingga 4 jam untuk menyelesaikannya, sedangkan IELTS adalah 2 jam dan 45 menit. Namun, IELTS mungkin memakan waktu lebih dari satu hari karena tes berbicara dengan instruktur terpisah dari bagian lainnya.

Speaking

Ada perbedaan besar dengan bagian ujicoba. Jika kamu merasa lebih nyaman berbicara bahasa Inggris dengan bertatap muka dengan orang, bukan mikrofon, maka IELTS mungkin lebih sesuai untukmu. Bagian pembicaraan dilakukan seolah-olah itu adalah percakapan biasa.

Kamu akan sendirian ditemani oleh instruktur tes, dan mereka akan merekam pembicaraanmu saat mereka mengajukan beberapa pertanyaan umum tentang kampung halaman, atau bahkan hewan peliharaan yang kamu miliki.

Tes TOEFL berbicara terdiri dari enam bagian dan berlangsung 20 menit. Pertanyaan yang akan kamu hadapi berkisar dari akademik hingga pribadi. Kamu juga akan diberi percakapan singkat atau teks, dan diminta meringkas informasinya. Untuk setiap bagian kamu akan diberi beberapa waktu untuk mempersiapkan diri, sebelum memberikan jawaban di mikrofon.

Listening

Di bagian mendengarkan TOEFL, kamu akan mendengar petikan dan harus mencatat dan menjawab pertanyaan pilihan ganda setelah selesai. Namun, di IELTS, kamu harus menjawab pertanyaan saat audio dimainkan.

Pertanyaan yang akan muncul untuk IELTS termasuk mengisi jawaban, menyelesaikan kalimat, dan menjawab benar atau salah. Selain itu, IELTS menggunakan banyak aksen berbeda sementara TOEFL menggunakan bahasa Amerika. Tes TOEFL berbicara membutuhkan waktu satu jam, sedangkan IELTS hanya 30 menit.

Perbedaan TOEFL dan IELTS 2

Writing

Bagian penulisan untuk kedua tes terdiri dari dua bagian yang mengharuskan kamu menulis esai pendek. Di TOEFL, bagian pertama mengharuskan kamu membaca teks singkat tentang topik tertentu dan kemudian mendengarkan ceramah 2 menit tentang topik ini. Kemudian, kamu harus menulis tanggapan singkat antara 300 sampai 350 kata, untuk pertanyaan tentang topik ini.

Bagian kedua mengharuskan kamu menulis esai singkat lainnya. Dalam IELTS, kamu akan diberi grafik atau bagan di bagian pertama, dan kamu akan diminta menulis esai singkat berdasarkan informasi itu. Pada bagian kedua untuk IELTS, kamu akan diberi argumen atau sudut pandang, dan diminta untuk menulis 200 sampai 250 tanggapan kata.

Perbedaan TOEFL dan IELTS yang besar antara kedua tes tersebut adalah bahwa bagi TOEFL, esai harus diketik di komputer, sedangkan IELTS harus ditulis di atas kertas. Cara terbaik adalah untuk mengetahui apa yang dirasa nyaman; Jika Anda kurang menguasai keyboard komputer maka kamu harus mengambil IELTS. Tetapi jika Anda memiliki kecepatan mengetik yang baik, maka kamu akan lebih nyaman melakukan TOEFL. Kamu juga harus mempertimbangkan seberapa baik tulisan tanganmu, jika tulisan tangan sulit dibaca oleh pemeriksa, maka mereka mungkin akan mengurangi poin.

Reading

Kedua tes ini memberi kamu teks yang bersifat akademis, dan kemudian diikuti oleh pertanyaan yang menguji seberapa baik kamu memahami teksnya. Dalam TOEFL, seperti pada setiap bagian lain dalam tes ini, pertanyaan akan menjadi pilihan ganda dan dibagi menjadi tiga sampai lima bagian.

Dalam IELTS, bagian ini terdiri dari tiga bagian, dengan berbagai gaya pertanyaan yang mencakup jawaban singkat, dan mengisi pertanyaan kesenjangan. Waktunya sama untuk kedua tes, karena kamu akan memiliki waktu 20 menit untuk menyelesaikan setiap bagian.

Nilai ujian

Tes IELTS memiliki nilai terpisah untuk setiap bagian dari 1 sampai 9, dan keseluruhan skor keseluruhan dari semua bagian. Jadi jika kamu merasa lemah di bagian tertentu, maka skor untuk itu akan menurunkan rata-rata keseluruhan. TOEFL disusun berbeda dengan 1 poin untuk setiap pertanyaan, dan skor akhir dari 120.

Mana yang terbaik untukmu?

Seperti yang disebutkan di awal, jika kamu berencana untuk belajar di Inggris, kamu tidak punya pilihan selain melakukan IELTS UKVI. Tetapi jika Anda berencana untuk belajar di Kanada atau AS, Anda memiliki pilihan untuk tes mana yang dapat Anda ambil, karena mereka menerima tes keduanya.

Jadi mana yang paling sesuai untukmu? Agar tetap sederhana, jika kamu lebih memilih banyak pertanyaan pilihan, merasa lebih nyaman menulis di keyboard, dan memahami aksen Amerika lebih mudah, TOEFL lebih sesuai untukmu. Jika Anda senang menulis dengan pena, merasa lebih nyaman berbicara dengan seseorang daripada mikrofon, dan lebih memilih beragam jenis pertanyaan yang berbeda, maka IELTS terbaik untuk kamu.

Kamu dapat mengunjungi halaman blog English Bridge untuk melihat mendalam tentang perbedaan TOEFL dan IELTS. Atau menghubungi 0812 100 600 75 untuk berkonsultasi mengenai persiapan tes TOEFL atau IELTS secara gratis