TOEFL

Apa Yang Menjadi Perbedaan TOEFL dan TOEIC ?

By April 25, 2017 October 1st, 2018 No Comments

Apa Yang Menjadi Perbedaan TOEFL dan TOEIC ?

Ada berbagai macam cara yang digunakan untuk melihat kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu yang paling sering didengar yaitu TOEFL dan ada banyak lembaga TOEFL preparation Jakarta. Namun, selain TOEFL ada juga yang disebut dengan TOEIC. Apakah kedua hal tersebut sama atau berbeda? Apakah perbedaan TOEFL dan TOEIC?

Pada dasarnya antara keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbahasa inggris seseorang. Hal ini dapat dilihat dari skor yang didapat seseorang setelah selesai mengerjakan tes tersebut. Sertifikat atau skor yang didapat nantinya akan digunakan untuk keperluan dari masing-masing individu.

Kesamaan mendasar lainnya yaitu kedua tes tersebut diselenggarakan oleh ETS (educational testing service). Di mana yang diukur yaitu mengenai kemampuan berbahsa inggris dengan ciri Amerika. Untuk dapat melihat perbedaan TOEFL dan TOEIC mari kita lihat dari sisi pengertian antara keduanya.

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Dari artinya saja kamu dapat memahami bahwa tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang yang mana bahasa ibu mereka bukanlah bahasa inggris (Amerika).

TOEIC atau Test of English for International Communication, merupakan tes bahasa Inggis yang dilaksanakan untuk mengukur kemampuan komunikasi seseorang. Biasanya tes ini dikhususkan untuk kepentingan karir atau pekerjaan. Dilihat dari pengertiannya saja, tentu kamu dapat memahami apa perbedaan antara keduanya secara mendasar.

Perbedaan TOEFL dan TOEIC tidak hanya dilihat dari sisi pengertiannya saja. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan TOEFL dan TOEIC kamu dapat melihat beberapa hal ini:

TOEFL

TOEFL pada awalnya muncul di Washington DC, Amerika Serikat. Hal ini berawal dari didirikannya CAL atau pusat linguistic terapan dengan direktur pertamanya yaitu Charles A. Ferguson. Selain di Washington, program ini juga diberikan kepadanya di timur tengah. Salah satu program yang Ferguson buat yaitu ESL (English as a second language) atau bahasa inggris sebagai bahasa kedua.

Dimulai dari hal tersebut, ferguson dan rekannya mengembangkan TOEFL sebagai program di CAL selama beberapa tahun. Pada tahun 1964 tes TOEFL pertama mulai diambil. Sejak awal dilaksanakannya tes ini, pelaksanaannya telah dikelola oleh ETS. Sejak awal kemunculannya hingga sekitar tahun 2004 tes ini dilaksanakan secara tertulis.

Baru sekitar pada tahun 2005 cara pengerjaan tes ini mulai diperkenalkan secara online. Dengan demikian, tes ini dilaksanakan dengan berbasis pada internet. Sebelumnya, yaitu sejak sekitar tahun 1998 terlebih dahulu diperkenalkan tes dengan menggunakan computer. Dengan demikian, tes yang dilaksanakan berbasis komputer.

Tes berbasis komputer dikenal dengan istilah CBT (Computer based test) sedangkan berbasis internet dikenal dengan istilah IBT (internet based test). Sejak kemunculan IBT, peran CBT menjadi tergantikan. Dengan demikian, pada tahun 2006 diputuskan bahwa hasil berbasis komputer dinyatakan tidak berlaku. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ketiga jenis tesnya:

  • PBT (Paper Based Test). Di sini kamu akan mengerjakan tes secara manual yaitu diatas kertas. Mengenai materi, pada tes ini lebih sedikit dibanding jenis tes TOEFL lainnya. Hal ini dikarenakan hanya memilki tiga sesi yaitu listening, reading, dan structure. Bagi yang ada sesi writing sendiri biasanya ditempatkan di kertas terpisah.
  • CBT (Computer Based Test). Jika kamu memilih CBT maka akan dikerjakan secara langsung di komputer. Tahap pelaksanaan tes pun terbagi ke dalam empat sesi yaitu listening, reading, structure dan juga writing.
  • IBT (Internet Based Test). Merupakan tes yang dilakukan dengan menggunakan computer dan langsung terhubung ke internet. Tahap pelaksanaan tes ini lebih banyak dibanding dengan dua jenis tes sebelumnya. Tahapan tes terdiri atas lima yaitu listening, reading, structure, writing dan speaking.

Melihat adanya perbedaan pada tes tersebut, meskipun hanya berbeda media dan strategi TOEFL yang digunakan namun rentang hasil skor yang didapatkan juga memiliki perbedaan. Untuk TOEFL PBT sendiri skor yang didapatkan yaitu berkisar 310 sampai dengan 677. Selanjutnya yaitu CBT dengan penilaian antara 30 hingga 300. Terakhir yaitu IBT, berkisar 8-120.

Setelah selesai tes maka kurang lebih 2 minggu sertifikat yang berisikan skor akan keluar. Untuk masa waktu berlakunya sertifikat tersebut yaitu selama 2 tahun. Setelah dua tahun maka skor akan dinyatakan tidak valid.

TOEIC                              

Perbedaan TOEFL dan TOEIC juga dilihat dari sejarah terbentukya. Pada saat tes TOEFL pertama kali diambil pada tahun 1964, TOEIC baru dikembangkan pada tahun 1979. Pada TOEIC dimaksudkan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang pada tingkat menengah dan lanjutan.

TOEIC juga menjadi standar kemampuan bahsa inggris diseluruh perusahaan di dunia. Namun demikian, ada beberapa tujuan dari tes ini selain keperluan perusahaan. Pertama yaitu untuk kepentingan akademik. Dimana dengan mengetahui kemampuan berbahsa inggris murid maka guru dapat mengetahui apa-apa saja yang dapat diterima dan dipahami siswa.

Kedua yaitu untuk keperluan instansi pemerintah. Sama seperti perusahaan swasta, instansi pemerintah juga perlu mengetahui skor pegawainya untuk merekrut maupun promosi karyawan. Berbeda dengan tes TOEFL yang cenderung ada beberapa tahap yang dilalui, tes TOEIC hanya terdiri dari sesi listening dan reading saja.

Jika TOEFL banyak memiliki rentang skor jika dilihat dari jenisnya. Lain halnya dengan TOEIC yang hanya memiliki rentang skor antara 10 sampai dengan 990. Biasannya, jika kamu ingin bekerja ke luar negeri maka biasanya ditetapkan skor minimal diatas 450.

Kursus TOEFL Preparation Jakarta

Di Jakarta, banyak sekali tempat yang menyediakan jasa persiapan TOEFL. Melalui lembaga kursus TOEFL preparation Jakarta menjadi lebih mudah dan tepat. Hal ini dikarenakan tenaga pengajar yang professional serta memiliki modul bahan ajar yang tepat. Melalui lembaga persiapan TOEFL akan menjadikan proses belajar kamu lebih terencana.

Jika dibandingkan dengan belajar sendiri, tentu belajar di lembaga persiapan TOEFL dinilai lebih tepat. Meskipun harus ada sejumlah uang yang dikeluarkan namun setidaknya hal ini akan setara dengan hasil yang didapatkan dibanding jika kamu harus belajar sendiri. Di lembaga kursus TOEFL preparation Jakarta, menjadikan proses belajar kamu lebih maksimal dalam jangka waktu yang singkat.

Melalui TOEFL Preparation Jakarta maka kamu dapat mengetahui lebih mengenai strategi TOEFL apa saja yang dapat digunakan untuk proses mengerjakan tes. Hal ini tentu dapat digunakan untuk membantu kamu pada proses pengerjakan tes sehingga skor yang didapat tentu juga akan menjadi lebih baik.

Cari Tahu Strategi TOEFL

Bagi pelajar khususnya SMA, biasanya menjadi kesempatan pertama mereka untuk melaksanakan tes TOEFL sebagai syarat masuk perguruan tinggi. Kamu akan dinilai cukup baik dalam berbahasa inggris apabila skor yang kamu dapatkan lebih dari 400 atau bahkan lebih dari 450.

Sebagian pelajar telah mengetahui informasi ini sejak awal sehingga ia akan mempersiapkannya dengan matang. Namun ada sebagian pelajar lagi yang tidak mendapatkan informasi ini sehingga tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mempersiapkannya.

Cukup atau tidaknya waktu yang kamu miliki bukanlah menjadi masalah besar apabila kamu telah mengetahui strateginya. Berikut ini merupakan strategi TOEFL yang dapat kamu gunakan sebagai persiapan menghadapi tes.

Pertama, hal dasar yang dapat kamu lakukan yaitu dengan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bahsa inggris. Sebagian dari kamu mungkin telah mengenal pelajaran bahasa inggris sejak duduk di bangku sekolah dasar atau bahkan saat di play group. Mengingat hal ini berarti kamu telah cukup banyak mengetahui mengenai bahasa inggris.

Kedua, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk persiapan. Apabila waktu yang kamu miliki mendesak maka memulai lebih cepat akan lebih baik. Kamu dapat mempersiapkannya dengan menggunakan jasa lembaga persiapan atau mempersiapkannya sendiri.

Ketiga, strategi TOEFL selanjutnya yaitu kamu dapat membuat jadwal rutin harian. Bisa dilakukan dengan belajar sendiri menggunakan buku-buku atau latihan melalui online. Latihan harus rutin dilakukan setiap hari agar tidak terburu-terburu ketika waktu tes sudah dekat.

Keempat, mempelajari bahasa inggris lebih dalam lewat hal-hal yang kamu sukai. Misalnya, kamu suka nonton film, maka kamu dapat menggunakan subtitle inggris untuk dapat mempelajarinya lebih dalam. Ketika kamu suka membaca novel, maka kamu dapat membaca novel-novel asing yang belum diterjemahkan.

Kelima, berusahalah mengingat kata-kata yang sulit. Memperkaya kosa kata dapat dilakukan melalui cara-cara yang tertera pada nomor empat. Ketika kamu tidak memahami kata yang tertera pada text film atau buku kamu dapat mencatatnya kemudian membacanya secara ulang. Dengan begitu perbendaharaan kata kamu akan semakin kaya.

Keenam, cobalah menulis dengan bahasa inggris. Strategei TOEFL ini tidak akan bermanfaat jika kamu hanya mengingat kosa kata yang ada. Hal lainnya yang perlu kamu latih yaitu mengenai penulisan. Dengan cara menulis berarti kamu tidak hanya tau apa bahasa inggrisnya namun tidak kalah pentingnya yaitu tau penulisannya.

Ketujuh, buat buku catatan. Dalam setiap proses belajar kamu, buatalah catatan kecil yang bisa kamu bawa kemana saja. Catatkan juga beragam hal yang baru kamu pelajari. Dengan demikian, kamu dapat membacanya di mana saja untuk memaksimalkan proses belajar.

Kedelapan, kenali tes dengan baik. Hal ini dikarenakan ada beberapa jawaban yang dapat mengecoh. Ini dapat menyebabkan kita terjebak untuk menjawab yang salah. Untuk itu kamu dapat memahami soal dengan baik serta rajinlah berlatih soal. Saat ini banyak website yang dapat digunakan untuk mencoba tes persiapan dan kemudahan ini dapat kamu manfaatkan.

Kesembilan, belajarlah dari topik-topik yang relevan. Hal ini dikarenakan TOEFL akan sangat kecil kemungkinannya atau bahkan tidak akan membicarakan mengenai beberapa hal seperti politik, sejarah, atau konfllik Negara. Dengan demikian, kamu tidak perlu fokus terhadap istilah-istilah yang sering digunakan untuk tema tersebut.

Kesepuluh, tentukan tujuan-tujuan. Pastikan kamu tahu berapa skor minimum yang akan kamu capai serta dalam waktu berapa lama kamu akan belajar. Dengan adanya tujuan tersebut maka kamu tidak akan mendapat skor yang terlampau buruk. Namun demikian harus diimbangi juga dengan konsistensi dalam belajar.

Kesebelas, baca dengan baik petunjuk serta contoh yang tertera di buku soal. Strategi TOEFL  ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan kamu salah dalam mengerjakan soal. Di samping itu dengarkan juga intruksi berapa lama kamu diberi kesempatan untuk menjawab masing-masing soal.

Dua belas, cobalah belajar dari orang lain. Proses pembelajaran akan semakin maksimal ketika kamu bisa mempraktikkan apa yang telah kamu pelajari kepada orang lain. Di samping itu, belajar dengan partner juga dapat digunakan sebagai kesempatan untuk bertukar pikiran sehingga kamu akan memperoleh ide serta hal baru.

Dua belas poin di atas strategi TOEFL yang dapat kamu lakukan untuk persiapan. Namun sebelum berlangsungnya tes juga ada beberapa hal yang perlu kamu persiapan. Terlihat sederhana namun akan membantu kamu pada saat proses pengerjaan soal.

Pada malam hari sebelum melaksanakan tes, ada baiknya jika kamu mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Misalnya saja alat tulis, kartu identitas, formulir jika diperlukan atau apapun yang diperlukan untuk mengikuti tes. Pastikan semuanya telah masuk ke dalam tas.

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk diri sendiri sebelum hari Kamu harus cukup tidur agar dapat konsentrasi pada saat mengerjakan. Selain itu set alarm agar kamu memiliki cukup waktu untuk siap-siap maupun sarapan. Jadi, kamu tidak terlambat atau terburu-buru untuk datang ke lokasi tes.

Kembali ke persiapan untuk menghadapi TOEFL, ada berbagai lembaga TOEFL Preparation Jakarta. Salah satunya yaitiu English bridge. Terletak di kawasan strategis, English Bridge menawarkan sistem open class untuk setiap muridnya. Selain itu, kamu juga akan diajarkan mengenai strategi TOEFL.

TOEFL Preparation Jakarta English Bridge juga menawarkan beragam persiapan tes seperti IELTS, TOEIC, SAT, dan masih banyak lagi. Kamu dapat menghubungi (021) 52900015 atau 081210060075 untuk konsultasi atau pertanyaan lebih lanjut.

 

English Bridge

Author English Bridge

More posts by English Bridge