TOEFL

Cara Cepat Belajar TOEFL Untuk Mendapat Skor Terbaik

By August 20, 2017 October 7th, 2018 No Comments

Skor TOEFL yang akan kamu dapatkan bisa saja menjadi sumber kecemasan saat mengerjakan tes TOEFL? Kamu menunggu lama untuk mengetahui skor TOEFL dan setelah mengetahui skor yang kamu raih, kamu bertanya apakah skor tersebut sudah sesuai? Dengan belajar TOEFL dengan giat akan membuat kamu berhasil mendapatkan skor yang kamu inginkan.

Mulailah belajar TOEFL dengan mencari sumber daya penelitian yang dapat kamu andalkan sehingga bisa melengkapi seluruh silabus bagian yang ada diujikan pada TOEFL.

Kunci dari belajar TOEFL adalah dengan tidak bosan melakukan latihan, latihan dan latihan. Kamu harus mempunyai soal latihan yang cukup beserta kunci jawaban untuk pemahaman yang lebih baik.

Yang paling penting lagi untuk persiapan belajar TOEFL yaitu bahan latihan yang banyak untuk belajar memecahkan pertanyaan yang berbeda dari setiap bagian tes, sehingga dapat membangun keterampilan kamu untuk mengerjakan soal-soal yang berbeda pada setiap bagian tes.

Saat ini, banyak forum online yang menyediakan ruang untuk mempelajari serta mencarikan solusi untuk masalah terkait tes TOEFL. Contoh pertanyaan sangat membantu untuk menghadapi TOEFL.

Kamu juga harus mengatur waktu untuk belajar TOEFL. Terapkan tips-tips yang kamu peroleh dari les preparation atau belajar secara online.

Kamu harus melakukan evaluasi setelah belajar TOEFL, dengan melakukan evaluasi kamu akan mengerti karakteristik soal-soal yang diujikan pada TOEFL dan jawaban yang terbaik seperti apa.

Selain bahan-bahan  pembelajaran yang kredibel dan dapat diandalkan, ada aspek lain yang perlu kamu persiapkan yaitu hal-hal yang harus dipertimbangkan saat kamu ingin memilih materi persiapan TOEFL. Yang perlu dipertimbangkan adalah:

  1. Kelengkapan Isi

Sebelum kamu mendownload suatu materi untuk belajar TOEFL atau sebelum mendapatkan salinan materi, pastikan bahwa materi tersebut merupakan analisis mendalam dari setiap bagian tes.

Didalam materi yang akan kamu pelajari, pastikan juga bahwa terdapat latihan praktek untuk keempat bagian yang diujikan, terdapat juga kunci jawaban beserta penjelasan yang tepat pada materi tersebut. Lebih bagus lagi, jika terdapat tips dan trik untuk memecahkan pertanyaan secara cepat.

  1. Perangkat Tools

Yang kamu harus perhatikan lagi saat mengambil materi belajar TOEFL dari internet, pastikan untuk melihat fitur add-ons atau alat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan.

Materi yang kamu punya sebaiknya memiliki fitur untuk memutar ulang voice audio listening untuk mendeteksi kesalahan atau mengkajinya lebih mendalam.

Saat kamu sudah belajar TOEFL dan latihan, pasti kamu akan mempertanyakan skor yang kamu dapatkan. Yang harus kamu ketahui bahwa tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan “Apakah skor TOEFL yang saya dapatkan bagus?” kamu tidak perlu khawatir, pada artikel ini juga kita akan membahas informasi yang kamu butuhkan untuk mengukur nilai skor pada tes TOEFL.

Berbeda dengan tes lainnya, pada TOEFL tidak ada istilah gagal. Tidak ada rentang skor dalam TOEFL yang dikatakan baik atau jelek. Pada TOEFL juga tidak ada tingkatan bahasa inggris yang secara pasti  mengukur baik atau jelek.

Semuanya tergantung apa yang kamu butuhkan. kamu bisa melihat beberapa skor TOEFL yang dibutuhkan untuk beberapa sekolah di Amerika Serikat. Kemudian kamu mengikuti skor dan lihatlah kamu sudah berada dimana.

Beberapa sekolah, menentukan skor minimum yang kamu raih yaitu 70 point dan yang tinggi adalah 110 point. Contohnya, kamu mendapatkan skor TOEFL 90, tapi kamu menganggap bisa mendapatkan 100 point. Jika program yang ingin kamu masukkan hanya membutuhkan 80 berarti kamu tidak perlu tes lagi.

Sebagai gantinya, kamu bisa lebih fokus pada bagian lain sehingga departemen penerimaan lebih tertarik dengan essai, wawancara, dan portofolio yang kamu miliki.

Tapi ada beberapa kasus, skor minimal yang kamu miliki pada TOEFL kurang diminati. Terkadang sebuah universitas menawarkan keuntungan khusus untuk kamu yang memiliki skor TOEFL diatas minimum.

Misalnya, jika kamu ingin masuk ke sekolah pascasarja, nilai skor yang harus kamu raih minimal 90. Jika kamu ingin menjadi asisten mengajar, skor berbicara kamu minimal harus 26. Jadi, secara keseluruhan kamu membutuhkan skor 100.

Bagaimana skor terbaik menurut ETS? Saat kamu mendapatkan skor kamu, kamu juga akan mendapatkan ringkasan mengenai kekuatan dan kelemahan kamu.

ETS membagi skor menjadi 3 tingkatan yaitu tinggi, menengah, dan rendah. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk mengetahui seberapa bagus skor yang kamu dapatkan. Berikut ini ringkasan singkat dari tiga tingkat skor resmi untuk TOEFL :

  1. HIGH : jika kamu berhasil mendapatkan skor tertinggi, kamu dapat memilih sekolah unggulan untuk kamu masuki.
  2. INTERMEDIATE : skor menengah yang kamu dapatkan, bisa membuat kamu masuk kesekolah yang kamu inginkan.
  3. RENDAH : jika kamu mendapatkan skor ini, berarti nilai kamu tidak begitu bagus. Mungkin kamu hanya bisa masuk pada penerimaan siswa bersyarat. Lebih baik kamu belajar lagi dan lakukan latihan untuk meningkatkan skor dan mencoba untuk melakukan tes kembali.

Itulah tiga tingkatan skor TOEFL yang dikeluarkan ETS. Secara umum skor TOEFL yang bagus tergantung kamu mendaftar di universitas apa, negara mana dan banyak lagi faktor lainnya.

Berikut ini rentang skor TOEFL secara umum:

80 atau kurang, ini bukan skor iBT yang bagus. Jika kamu hanya memiliki skor 80 atau kurang, kamu tidak bisa masuk ke sekolah Amerika, kecuali dengan penerimaan siswa bersyarat. Di Negara-negara yang berbahasa non Inggris pun biasanya menerima skor TOEFL yang tidak begitu baik.

80-90, skor ini cukup baik. Jika kamu mendapatkan skor TOEFL diatas 80, ada beberapa universitas akan menerima pendaftaran kamu. Biasanya kisaran skor segini, lebih banyak diterima ditingkatan pasca sarjana karena program pascasarjana memang membutuhkan kemampuan bahasa inggris tapi penerima mahasiswa lebih tertarik dengan keahlian riset dan akademis.

90-100, skor TOEFL dalam rentang ini bisa dibilang bagus. Kamu dapat diterima di berbagai universitas. Dengan nilai seperti ini, kamu juga bisa mendapatkan posisi tambahan menjadi RA, TA, atau GA di kampus.

100-110, jika kamu berhasil mendapatkan skor ini berarti kemampuan kamu sangat bagus. Saat kamu berhasil mendapatkan skor ini, kamu dapat diterima di universitas Ivy League dan universitas terkemuka lainnya.

110-120, ini merupakan range skor TOEFL terbaik dari standart apapun. Kamu bisa mendaftar ke universitas manapun yang kamu inginkan.

Contohnya, ada universitas yang mengharuskan kamu mendapatkan skor TOEFL 100 tapi juga mengharuskan kamu mendapatkan setidaknya skor 27 dibagian Speaking. Kunci untuk mendapatkan skor yang sesuai adalah dengan rajin belajar TOEFL.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, belajar TOEFL bisa dilakukan dengan mengerjakan latihan yang banyak dari berbagai sumber dan mempelajari strategi menjawab soal dengan benar.

Ini Cara Cepat Belajar TOEFL Untuk Mencapai Skor Terbaik

Pasti kamu sudah sering dengar kepanjangan dari TOEFL yaitu Test of English as a Foreign Language Paper Based Test. TOEFL bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris kamu. Banyak orang yang bertanya bagaimana cara cepat belajar TOEFL, pada artikel ini kita akan membahasnya.

Terdapat 3 jenis TOEFL yaitu PBT kepanjangan dari Paper Based Test, ada juga CBT kepanjangan dari Computer Based Test dan yang terakhir yang digunakan sampai saat ini IBT kepanjangan dari Internet Based Test.

Kamu pasti bertanya lagi, apakah cara cepat belajar TOEFL untuk tiga bagian tersebut sama? Kuncinya adalah sama tetapi ketiga TOEFL ini ada strategi sendiri untuk menaklukannya.

TOEFL CBT sepertinya jarang digunakan di Indonesia, sedangkan TOEFL PBT walaupun TOEFL yang pertama kali keluar, masih banyak digunakan pada lembaga kursus ataupun kampus. TOEFL iBT biasanya digunakan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke Amerika.

Mendapatkan skor yang tinggi merupakan dambaan banyak orang. Seperti yang sudag kita bahas diatas, kamu harus mendapatkan skor TOEFL iBT 90-100 untuk bisa diterima diberbagai universitas luar negeri.

Cara cepat belajar TOEFL adalah dengan rajin mengerjakan latihan. Tapi tidak cukup sampai disitu, kamu juga memerlukan tips yang bisa membantu memecahkan masalah dalam menjawab soal, seperti berikut ini:

  1. Luangkan waktu minimal sehari 2 jam

Cara cepat belajar TOEFL pertama adalah dengan meluangkan waktu setiap harinya minimal 2 jam untuk belajar TOEFL. Coba untuk belajar TOEFL dengan mood yang paling baik seperti pagi, siang ataupun dimalam hari.

Cobalah untuk tetap fokus dan tidak memikirkan apapun selain materi TOEFL. Ada baiknya lagi, buatlah jadwal dengan berpola, misalnya kamu membuat jadwal dalam satu minggu dengan pola 2-2-2-1 yaitu 2 hari belajar Listening, 2 hari belajar Structure, 2 hari belajar reading dan 1 hari untuk menghitung skor yang capai.

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi pada bagian mana yang perlu kamu tingkatkan. Dengan melakukan evaluasi akan membuat kamu lebih mudah mengetahui kemampuan kamu sampai dimana.

  1. Latihan TOEFL online

Cara cepat belajar TOEFL yang kedua adalah dengan mengerjakan latihan TOEFL online. Mungkin kamu tidak mengikuti les preparation, saat ini banyak situs di internet yang menyediakan latihan secara online.

Kamu bisa memanfaatkan situs-situs tersebut untuk belajar. Carilah situs yang menyediakan juga kunci jawaban dengan penjelasan sehingga memudahkan kamu untuk melakukan evaluasi. Ingat, semakin banyak latihan maka semakin mudah menjawab pertanyaan TOEFL.

  1. Tingkatkan kemampuan listening dengan menonton film.

Perbanyak menonton film berbahasa inggris. Mungkin kamu memiliki kelemahan pada bagian listening? Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.

Cobalah untuk menonton film Amerika untuk melatih bagian listening. Biasanya film amerika terdapat conversation atau percakapan di dalamnya dan kamu bisa menonton film dengan subtitle bahasa Inggris.

Jangan melakukan latihan listening dengan menggunakan lagu berbahasa inggris, karena didalam lagu tidak terdapat percakapan. Kebanyakan orang saat belajar menggunakan lagu, malah akan terhipnotis dengan nadanya bukan pada liriknya.

Jika sudah nyaman dan bisa memahami saat menonton film, kamu bisa mengantinya dengan mendengarkan radio berbahasa inggris. Sehingga kamu akan latihan listening seperti pada tes sesungguhnya.

  1. Pelajari kelas kata

Cara cepat belajar TOEFL keempat yaitu cobalah untuk mempelajari kelas kata. Apa itu kelas kata? Kelas kata merupakan pembagian kata sesuai dengan strukturnya.

Misalnya, dalam satu kalimat terdapat subject dan verb. Dengan mengetahui kelas kata akan memudahkan kamu untuk mengerjakan soal structure pada tes TOEFL.

  1. Perbanyak vocab

Cara cepat belajar TOEFL kelima adalah dengan banyak menghafal vocab. Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memperkaya vocab. Mulai dari flashcard sampai dengan menghafalnya.

Yang paling gampang untuk menghafal vocab dengan cara mengartikan semua passage-passage yang ada pada soal latihan reading TOEFL. Jika kamu minim akan vocab, kamu akan sulit memahami maksud pertanyaan pada TOEFL. Karena soal TOEFL sangat akademis dan bahasa atau katanya tidak familiar.

  1. Disiplinkan diri kamu

Sebenarnya cobaan paling berat yang harus kamu hadapi adalah diri kamu sendiri. Ada saatnya kamu merasa bosan, malas, jenuh, tergoda dengan ajakan teman untuk main dan masih banyak lagi.

Pada moment seperti itu, maka komitmen kamu akan dipertaruhkan untuk belajar TOEFL. Saat moment itu terjadi, cobalah untuk  mengingat kembali tujuan awal kamu dan kamu harus melawan godaan-godaan yang menghalangi kamu.

Nah keenam tips ini dapat kamu gunakan untuk mendapatkan skor yang tinggi, tips ini sangat berguna untuk kamu yang baru mau mengambil TOEFL. Yang penting adalah jaga terus komitmen kamu untuk meraih skor tinggi untuk masuk ke universitas impianmu.

Kamu orang yang sulit belajar secara otodidak tetapi ingin mengikuti tes TOEFL? Kamu bisa mengikuti les preparation. Lembaga preparation terpercaya dibilangan Jakarta dan sekitarnya adalah English Bridge. Pengajar disini merupakan native speaker, sehingga akan memudahkan kamu saat belajar speaking.

Banyak siswa English Bridge yang berhasil meningkatkan skornya setelah mengikuti kelas persiapan. Kamu akan diajarkan dengan teacher yang berpengalaman. Metode pengajarnya pun sesuai dengan metode diluar negeri. Walaupun kamu mengikuti kelas group, kamu akan dilihat kemampuannya one on one oleh pengajar English Bridge.

Kamu akan diberikan banyak latihan sehingga kamu akan lebih cepat memahami karakteristik dan strategi untuk menjawab soal TOEFL. Tunggu apalagi, kamu bisa konsultasi secara gratis di nomor whatsapp 0812 100 600 75.

Persiapkan Diri Kamu Untuk Tes TOEFL

Cara Cepat Belajar TOEFL Untuk Mendapat Skor Terbaik

Untuk menghadapi tes TOEFL, kamu harus memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Gunakan waktu yang memadai untuk mempersiapkan tes. Persiapan dapat kamu lakukan, sesaat setelah kamu memutuskan untuk mengikuti tes TOEFL.

Jangan pernah melakukan persiapan mendadak, karena itu sangat tidak efektif dan tidak akan membantu kamu untuk mendapatkan skor yang memadai.

Lebih baik kamu melakukan persiapan yang kondusif, dengan persiapan yang kondusif akan membuat kamu siap dengan apa yang telah dipelajari.

Kamu dapat mempersiapkan tes TOEFL dengan menonton program tv dalam bahasa inggris, bisa juga dengan menonton film bahasa inggris untuk melatih listening dan membaca artikel dalam bahasa inggris untuk melatih reading.

Jika kamu ingin berlatih menulis, latihan menulis di blog pribadi yang kamu miliki dengan menggunakan bahasa inggris merupakan cara belajar yang efektif. Untuk belajar berbicara, kamu bisa melakukan percakapan dengan teman menggunakan bahasa inggris ataupun berbicara sendiri didepan cermin.

Ada baiknya kamu mengetahui kelemahan pada dirimu, dengan begitu kamu bisa memperbaiki kelemahan tersebut untuk dijadikan kelebihanmu. Saat mempersiapkan TOEFL jangan lupa untuk membuat manajemen waktu, agar memiliki schedule yang jelas dan pasti untuk belajar.

TOEFL dapatkan dikatakan tes yang susah-susah gampang. Terdapat banyak soal yang mengecohkan kamu . Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes juga sangat singkat. Dalam waktu 130 menit harus mengerjakan 140 soal dan 300 kata esai dalam waktu 30 menit.

Kamu harus berhati-hati dalam menjawab soal. Sering kali terdapat jawaban pengecoh, jawaban tersebut salah tetapi kelihatan benar. Oleh karena itu, kalian harus memahami soal dan jawaban dengan benar agar tidak terkecoh. Ada baiknya kamu jangan mencari jawaban benar tapi mencari jawaban terbaik.

Soal TOEFL tidak akan memasukkan permasalahan yang berkaitan dengan kematian seseorang, perbedaan politik, agama, perselisihan sejarah, kejahatan, dan topik-topik yang berhubungan dengan masalah etnis.

Kamu harus memperhatikan prosedur pelaksanaan tes dengan baik. Memahami apa yang harus dilakukan pada setiap bagian. Kamu dapat mencoba belajar bersama agar mendapatkan ide dalam menjawab persoalan.

Pastikan semua yang dibutuhkan dalam tes TOEFL sudah dipersiapkan agar hasil persiapan Belajar TOEFL kalian tidak sia-sia. Seperti formulir pendaftaran, kartu identitas, nomor tes, pena, pensil, serta penghapus. Kalian dapat membaca artikel-artikel yang diperlakukan berkaitan dengan tes.

English Bridge

Author English Bridge

More posts by English Bridge