Setiap materi yang diujikan pada IELTS Jakarta memiliki kesulitan masing-masing. Maka dari itu, kamu harus mempunyai cara agar bisa menyelesaikan semua materi tes dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Berikut ini tips yang bisa digunakan pada setiap bagian tes IELTS Jakarta:

Persiapan IELTS: Pahami bagian lemah dalam IELTS 

Cara Hadapi IELTS Jakarta Untuk Yang Tidak Memahami Aksen

Biasanya masalah yang sering dihadapi pada persiapan IELTS adalah kamu perlu meluangkan waktu untuk mempersiapan IELTS sendiri walaupun sudah mengikuti Kursus IELTS.

Ada sebuah penelitian menunjukkan, bahwa ketika kamu sudah dapat mengetahui kemampuan bahasa kamu yang mana bagian yang unggul dan mana yang lemah, kebanyakan kamu masih memperioritaskan pada bagian yang kuat.

Pada sebuah studi tahun 2015 di University of Hong Kong, Profesor David Gardner menemukan bahwa siswa pada akhirnya lebih memilih untuk tetap berada di zona nyaman mereka.

Dengan waktu yang terbatas, penting bagi kamu untuk keluar dari zona nyaman dan memulai untuk menghabiskan waktu di tempat yang akan memiliki dampak terbesar.

Untuk memulai menciptakan sesuatu yang besar, kamu perlu mengetahui kelemahan dan keunggulan yang kamu miliki. Kamu bisa mempersiapkan tesmu di kursus IELTS Jakarta English Bridge. Disini kamu akan diajarkan untuk membuat perencanaan belajar dan manajemen waktu yang baik.

Kamu akan mengetahui bagian mana yang harus kamu perdalam pada IELTS dan bagian mana yang harus tetap kamu pelajari dalam IELTS. Bagian yang terpenting adalah mengalokasikan waktu. Kamu harus mengalokasikan waktu untuk bagian Membaca, Menulis, Berbicara dan Mendengarkan

Cobalah untuk memberikan sebagian besar waktu untuk bagian IELTS kamu yang paling lemah. Kamu sekarang tahu berapa jam per hari yang kamu keluarkan untuk setiap bagian tes.

Pada akhirnya, yang paling penting adalah kamu harus disiplin. Dengan sifat disiplin dan keluar dari zona nyaman akan meningkatkan skor IELTS yang kamu inginkan.

Cobalah untuk membagi porsi belajar sesuai dengan kebutuhan tetapi memiliki takaran yang sama. Setiap bagian dalam IELTS harus kamu pelajari secara seimbang.

Jangan hanya memperioritaskan bagian yang kamu sukai saja. Tapi kamu harus belajar juga pada bagian yang tidak kamu kuasai. Karena tidak ada yang tidak bisa kita lakukan didunia ini. Yang terpenting adalah berlatih, berlatih dan berlatih. Dengan konsisten berlatih nilaimu di tes IELTS Jakarta akan meningkat.

Cara hadapi IELTS Jakarta, Untuk Yang Tidak Memahami Aksen

 

Materi Tes IELTS Jakarta dan Cara Mengerjakannya

Sesi Listening – Masalah yang sering dihadapi pada bagian mendengarkan tes IELTS jakarta adalah kamu akan mendengarkan aksen yang berbeda termasuk dari Australia, Inggris, Selandia Baru dan Amerika Utara.

Ingat bahwa kamu hanya mendengar audio sekali dalam tes mendengarkan sehingga kamu harus benar-benar yakin mendengarkan setiap detail yang diucapkan.

Aksen yang tidak biasa diucapkan akan menghalangi kamu mendengarkan dengan baik. Meskipun tidak ada aksen yang susah sekali dimengerti, setidaknya kamu harus terbiasa untuk aksen-aksen yang standart.

Solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengerti aksen bahasa yang diucapkan, mulailah dengan membaca kutipan ini dari sebuah laporan dari US Library of Medicine:

It is well known that there is a processing cost when listening to speech in an accent other than one’s own, but recent work has suggested that this cost is reduced when listening to a familiar accent widely represented in the media, and/or when short amounts of exposure to an accent are provided

Ini berarti bahwa ‘paparan dalam jumlah pendek’ dengan aksen asing benar-benar dapat membantu kamu untuk memahaminya.

Jadi masuk akal untuk meluangkan waktu untuk mendengarkan dialek yang paling umum saat kamu mempersiapkan ujian. Tidak sulit mencari stasiun radio online yang memungkinkan kamu mendengarkan aksen yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa contoh radio yang bisa dijadikan bahan rujukan :

  1. ABC Radio dari Australia
  2. Radio CBC dari Kanada
  3. BBC Radio 4 dari Inggris

Sangat mudah untuk menemukan orang agar kamu bisa menarik untuk mendengarkan beberapa aksen yang tidak biasa seperti Louisiana atau Karibia. Sebenarnya, kamu bisa mencari stasiun radio di seluruh dunia sebagai bahan belajar dan latihan untuk bagian Listening di tunein.com.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk latihan mengahadapi tes IELTS Jakarta adalah dengan menonton talkshow favoritemu yang menyediakan aksen bahasa inggris dari setiap Negara. Biasanya, acara talkshow juga memiliki transkip yang bisa kamu baca.

 Manajemen Waktu Pada Tes IELTS Jakarta 

 

Sesi Reading – Beberapa orang mengeluh tentang kurangnya waktu pada saat ujian membaca pada tes IELTS . Waktu tersebut kurang karena artikel yang disajikan panjang dan sulit.

Banyak yang berpendapat bahwa tidak mungkin ujian reading dikerjakan dalam satu jam. Kamu jangan khawatir, pada artikel ini kita akan membahas cara mengatur waktu dalam sesi reading tes IELTS Jakarta.

Ada yang berkata seperti ini, “Saya tidak mengerti bagaimana beberapa kandidat bisa menyelesaikan makalah hanya dalam waktu satu jam, padahal ada banyak hal untuk dibaca”

Sebelum membaca tips pada artikel ini, cobalah untuk membayangkan bahwa kamu hanya memiliki waktu 50 menit untuk menyelesaikan semua pertanyaan.

Jika kamu menargetkan skor tinggi (yaitu hanya mengizinkan satu dari dua jawaban yang salah), kosongkan 10 menit untuk memeriksa semua jawaban kamu. Kamu bisa membaca artikel ini, setelah sudah mengerjakan soal reading.

Bagaimana hasilnya? Tidak semua bagian pada reading sama. Bagian pertama berisi teks dan serangkaian pertanyaan yang akan lebih mudah dari pada dua lainnya.

Kamu harus membaca kalimat topik saja, langsung masuk ke pertanyaan dan dapatkan jawaban di mana jawabannya bisa ditemukan dalam teks. Bagian pertama akan memakan waktu kira-kira tujuh sampai sepuluh menit untuk menyelesaikannya. Cobalah untuk memakai waktu pada saat latihan mengerjakan tes  IELTS Jakarta.

Bagian kedua dan ketiga cenderung berisi pertanyaan yang lebih rumit dan membutuhkan bacaan yang lebih rinci. Kalimat dalam bacaan akan menjadi lebih lama dan lebih kompleks, dan jika kamu ceroboh atau tidak fokus mungkin kamu akan menyimpulkan informasi dengan tidak benar.

Dalam dua bagian ini kamu harus menghabiskan sekitar lima belas menit untuk membaca setiap artikel dan lima menit untuk menjawab setiap rangkaian pertanyaan. Menemukannya sulit? Berlatih membaca artikel berita panjang 1200 kata sampai kamu bisa menyelesaikannya dengan nyaman dalam 15 menit.

Ingat bahwa hasil tes IELTS Jakarta yang baik selalu membutuhkan kerja keras. Kamu bisa memulai dari membaca artikel ini sampai selesai. Kamu masih memiliki waktu sepuluh menit lagi, dan sekarang saatnya untuk memeriksa jawaban. Disini kamu tidak hanya memeriksa ejaan sederhana saja.

Gunakan waktu 10 menit untuk membaca kembali dan temukan jawabannya. Cobalah tanyakan pada diri kalian mengenai, Apakah saya yakin dengan jawaban ini? Apakah ini pertanyaan jebakan? Apakah saya meragukan jawaban ini dan haruskah saya melihat bagian ini lagi?

Dan jangan lupa untuk memeriksa nomor jawaban terhadap nomor pertanyaan, dengan begitu kamu akan benar-benar yakin bahwa jawaban dikotak sudah sesuai dengan pertanyaan.

 Tes IELTS Jakarta: Cara Termudah Untuk Gagal

 

Persiapan IELTS Pahami bagian lemah dalam IELTS 

 

Sesi Writing – Sebelumnya, cobalah kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Berapa jumlah minimum kata yang perlu kamu tulis untuk Menulis Tugas 1 pada IELTS jakarta? Apa lima poin yang dicari pemeriksa dalam IELTS Writing? Bagaimana kamu membagi waktu antara Tugas 1 dan Tugas 2?

Jika kamu tidak bisa menjawab ketiga pertanyaan ini dengan yakin, kamu tidak siap untuk mengambil IELTS. Cara termudah untuk gagal mendapatkan skor tinggi yaitu mengikuti tes tanpa memahami sepenuhnya apa yang dibutuhkan dari tes tersebut.

Tapi tenang, solusi dari semua itu adalah kamu bisa mengikuti preparation di English Bridge. Disini kamu akan dibimbing oleh native teacher. Di English Bridge telah dikembangkan serangkaian panduan studi untuk memberikan kamu informasi mendasar mengenai bagian-bagian yang akan diujikan pada IELTS Jakarta.

Informasi tersebut bermanfaat agar kamu mengetahui persyaratan yang penting dan memberi kamu wawasan tentang persiapan secara umum.

Tes IELTS Jakarta : Tantangan Tata Bahasa

 

Sesi speaking – Kamu mungkin terkejut mendengar bahwa tata bahasa adalah satu dari empat kriteria yang digunakan untuk menilai kinerja tes IELTS Speaking dan tata bahasa memiliki bagian 25% dari keseluruhan skor.

Banyak penguji tes menganggap grammar dalam berbicara hanya tentang akurasi dan tidak mungkin membuat kesalahan. Ini tidak semuanya benar.

Membuat kesalahan adalah hal yang wajar, dan IELTS Jakarta memahami hal ini. Bahkan IELTS Speaking yang memiliki skor 7 mengharapkan bahwa ‘beberapa kesalahan gramatikal tetap ada’.

Untuk menghindari kesalahan, ada baiknya kamu memikirkan tenses yang digunakan dan memastikan tenses ini berhubungan dengan pertanyaan yang diajukan.

Jadi, jika pertanyaan yang diajukan adalah Apa pekerjaan kamu hari ini? kata kunci di sini dalam bentuk lampau. Jawaban kamu seharusnya juga terjadi pada masa lampau. Contoh jawabannya, saya menulis sebuah laporan.

Namun, tata bahasa juga tentang menunjukkan berbagai struktur gramatikal. Ini berarti melampaui kalimat sederhana dan menggunakan berbagai tenses dan fitur tata bahasa.

Bagaimana kamu bisa menunjukkan tata bahasa yang lebih luas dalam pembicaraan dengan orang lain? Kamu bisa mempratekkannya dengan menjelaskan film favoritemu.

Pikirkan tenses yang bisa digunakan, dan bagaimana cara pengucapan kalimatnya. Semua itu bertujuan agar gaya berbicara kamu memiliki variasi. Kamu mungkin pernah memikirkan beberapa tenses ini:

  • Presentasi sederhana. Contohnya, film ini adalah film terbesar yang pernah ada di negara saya.
  • Masa lalu yang sederhana. Contohnya, pertama kali saya melihat ini saat saya masih sangat muda.
  • Hadir yang sempurna. Contohnya, saya pernah melihat film ini mungkin 30 kali.
  • Hadir terus menerus. Contohnya, pada awal film, sebuah desa sedang diteror oleh bandit.
Keuntungan Memiliki Sertifikat Tes IELTS Jakarta

 

Manajemen Waktu Pada Tes IELTS

  1. Kesempatan untuk belajar di luar negeri. Sertifikat ini sangat berguna sekali untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah keluar negeri karena IELTS diterima di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia dan Selandia Baru.Serta di negara lainnya, 130 negara yang memiliki institusi pendidikan biasanya meminta calon siswa untuk memberikan hasil tes IELTS sebagai bukti untuk menyatakan kemampuan Bahasa Inggrisnya.
  1. Peluang kerja di luar negeri. IELTS dapat kamu gunakan sebagai pendekatan internasional dibidang komunikasi terutama untuk perusahaan yang hendak menerima karyawan dari luar. Mereka akan meminta hasil tes IELTS untuk menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris para calon karyawan yang akan diterimanya.
  1. Kesempatan karir yang lebih tinggi. Memiliki kemampuan bahasa inggris yang memadai merupakan kewajiban bagi perusahaan multinasional yang besar apalagi kelas dunia. Sehingga buat kamu yang ingin berkarir diwajibkan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang memadai.Dengan bermodal sertifikat IELTS ini tentu karir kamu akan memiliki peluang yang baik karena kemampuan kamu akan lebih diperhitungkan.
  1. Pindah kewarganegaraan . Apabila kamu memiliki kompetensi IELTS Jakarta yang memadai, hal tersebut akan mempermudah jika kamu ingin tinggal di Negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebaga bahasa utamanya.
  1. Sertifikat IELTS juga biasanya digunakan untuk pendaftaran program short course dan non-degree program di negara berbahasa Inggris.
  2. Bisa juga dipergunakan bagi kamu yang ingin melakukan pendaftaran dan penempatan dalam program kolaborasi internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
  3. Untuk memonitor perkembangan kemampuan bahasa Inggris khususnya yang memerlukan kecakapan/keahlian dalam bahasa Inggris akademik.

Demikian kegunaan dari sertifikat ILETS Jakarta yang kamu miliki. Kamu harus berlatih dan belajar dengan guru profesional yang bisa membantu untuk mendapatkan hasil tes IELTS yang memuaskan.

Agar lebih memudahkan belajar, tipsnya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia untuk meningkatkan skor IELTS jakarta. Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu, yaitu :

  1. IELTS Skills Free

Dengan aplikasi ini akan memudahkan kamu mempersiapkan semua komponen pada ujian IELTS jakarta. Mulai dari listening, reading, speaking sampai dengan writing dan yang terpenting aplikasi ini juga menyediakan contoh soal untuk berlatih serta bahan latihan untuk belajar. Disini kamu juga dapat mencoba mengerjakan soal dan melihat skor yang dicapai pada bagian ‘Can Do’.

  1. IELTS Word Power

Aplikasi yang dapat digunakan untuk latihan writing dan speaking berguna untuk menambah kosa kata bahasa inggris kalian.

  1. IELTS Flashcard

Saat ini kamu bisa mempersiapkan diri untuk tes IELTS Jakarta dengan 2.000 koleksi flash card, slideshow, kuis dan fitur lainnya. Aplikasi yang interaktif ini membuat belajar kamu lebih kreatif dan efektif.

  1. IELTS Essentials

Kamu masih kurang dalam bahasa inggris dan membutuhkan bantuan untuk mengeja dan membaca dengan aksen yang benar? Aplikasi ini jawabannya. Dengan aplikasi ini kamu akan terhubung dengan pengguna aplikasi lainnya sehingga bisa berkomunikasi dan dapat saling berbagi tips ujian.

  1. IELTS Essay

Aplikasi yang terdiri dari 200 topik essay yang diujikan dalam tes IELTS. Kamu dapat berlatih gaya penulisan yang baik dan menambah kosa kata bahasa inggris. Lebih banyak kosa kata yang digunakan maka menambahkan nilai plus pada skor IELTS.

Mulai sat ini, kamu harus jeli untuk mempergunakan teknologi untuk memudahkan belajar. Jangan hanya mengandalkan IELTS Jakarta preparation saja. kamu juga harus terus berlatih mengerjakan soal sendiri dirumah. Perlu diingat bahwa biaya yang digunakan untuk mengikuti tes IELTS Jakarta tidak murah, jangan sampai menyianyiakannya.

Menurut sebuah studi tahun 2015 di University of Hong Kong, Profesor David Gardner menemukan bahwa siswa pada akhirnya lebih memilih untuk tetap berada di zona nyaman mereka yaitu dengan hanya belajar pada bagian yang unggul saja.

Mulai saat ini kamu harus mulai merubah itu. Jangan hanya mempelajari hal yang sudah kamu kuasai. Cobalah untuk belajar membagi secara seimbang apa yang harus dipelajari. Karena keempat bagian pada IELTS Jakarta sama pentingnya.

Selain itu dengan handphone tidak hanya sosial media saja yang bisa kamu jangkau, kamu bisa meningkatkan skor dengan alat komunikasi ini.

Demikianlah pembahasan mengenai materi yang akan diujikan dalam Tes  IELTS Jakarta. Jika Kamu sedang mencari tempat Kursus IELTS Jakarta kamu bisa mendaftar di English Bridge. Hubungi 0812 100 600 75 atau 021 – 300 297 89 untuk berkonsultasi masalah tes IELTS Jakarta secara gratis.