GMAT

GMAT Test Jakarta, Ketahui Tentang Persiapan Tes

By May 29, 2017 October 7th, 2018 No Comments

Artikel ini akan membahas apa saja yang bisa kamu lakukan untuk persiapan GMAT Test, serta jadwal dan tempat GMAT test Jakarta. Kamu harus persiapkan tes GMAT mu dengan baik, kamu bisa melakukan persiapan dengan belajar sendiri atau mengikuti GMAT Preparation Course.

Kamu harus fokus dan konsisten ketika sudah membuat rencana belajarmu. Namun mengikuti kelas persiapan GMAT adalah pilihan terbaik, Karena kamu akan dibantu oleh pengajar yang sudah berpengalaman mengenai GMAT. Untuk mengoptimalkan skor, kalian bisa mengikuti Kelas persiapan GMAT test Jakarta di English Bridge.

Ketika kamu sudah memutuskan untuk mengikuti tes GMAT, kamu bisa memulainya dengan forum online, mencari materi lewat internet, atau mendiskusikan kepada keluarga dan teman tentang pengalaman persiapan GMAT mereka.

GMAT merupakan test yang dirancang untuk menguji analisis, kuantitatif, verbal, membaca, dan keterampilan menulis. Hal tersebut diperlukan untuk mengambil semua program MBA di Amerika Serikat dan Kanada.

Jika kalian ingin melanjutkan kuliah S2 di bidang bisnis manajemen, GMAT test  menjadi persyaratan khusus bagi kalian. GMAT merupakan tes yang berbasis komputer yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1953 oleh Sembilan sekolah bisnis di Amerika.

Awalnya Tes GMAT bernama Graduate Management Admission Council  (GMAC). Saat ini, GMAT telah diikuti oleh sekitar 230.000 peserta per tahun di 2.100 universitas dan 5.900 program studi yang ada. Selain itu, GMAT juga menjadi syarat untuk melanjutkan program Master di bidang ekonomi ataupun keuangan.

GMAT test terdiri dari empat bagian tes yaitu: An analytical writing assessment, integrated reasoning, the quantitative section, dan verbal section. Durasi untuk mengikuti tes ini yaitu selama 3,5 jam. Dengan waktu pengerjaan yang berbeda pada tiap bagian tes. Berikut pembagiannya :

Analytical Writing Assessment (AWA) terdiri dari tes analisis dari argumen. Setiap peserta harus memiliki keahlian dalam menganalisis sebuah kasus dan memberikan argumen yang disuguhkan pada soal pertanyaan.

Pada bagian ini sangat bermain dengan logika dan daya analisis kalian. Untuk peserta yang mengikuti tes GMAT sebaiknya banyak berlatih soal pemecahan studi kasus. Khususnya dalam bidang bisnis agar kalian terbiasa dan akhirnya mampu menyelesaikan tes AWA. Skala penilaian dari AWA yaitu 1 sampai 6.

Integrated Reasoning merupakan bagian yang baru dari GMAT test yang dimulai sejak Juni 2012. Pada bagian ini didesain untuk menguji kemampuan peserta tes dalam mengevaluasi data-data. Tes ini terdiri dari 12 jenis pertanyaan. Terdiri dari 4 format yaitu multi-source reasoning, graphics interpretation, two-part analysis, dan table analysis. Skala penilaiannya tes ini antara 1-8.

Quantitative bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memecahkan serta menginterpretasikan data grafik menggunakan angka-angka. Pada umumnya tes ini bisa dibilang sebagai tes dalam bidang matematika ataupun kalkulus.

Tes ini terdiri dari 2 macam yaitu problem solving dan data sufficiency dengan skor dari 0 sampai 60. Tes GMAT akan menjadi sedikit lebih mudah jika kalian memiliki latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan matematika seperti teknik ataupun statistika.

Verbal merupakan bagian terakhir dari GMAT test yang bertujuan untuk menilai kemampuan kita dalam bahasa Inggris. Tes terdiri dari 3 bagian yaitu reading comprehension, critical reasoning, serta sentence correction questions dengan skala nilai 0 sampai 60.

Reading comprehension memiliki bacaan dari berbagai macam topik diantaranya ilmu sosial, sejarah, fisika, bisnis, dll. Bagian tes ini akan menguji sejauh mana kemampuan kita dalam mengerti tentang isi bacaan yang diberikan pada saat tes.

Critical reasoning menguji kemampuan kalian dalam memberikan argument serta mengevaluasi soal pertanyaan. Bagian terakhir adalah Sentence Correction merupakan jenis tes yang menguji kemampuan kita mendeteksi struktur kalimat yang salah dalam soal pertanyaan. Program persiapan GMAT test Jakarta di English Bridge akan sangat membantu kalian menghadapi GMAT.

Tes GMAT, Persiapkan Dirimu Dengan Melakukan Tips Ini

Jika kamu ingin masuk ke sekolah bisnis terbaik, mendapatkan skor yang bagus pada tes GMAT (Graduate Management Admission Test), akan membuat keinginanmu berjalan lebih mudah. GMAT bukan satu-satunya faktor dalam proses penerimaan, tetapi skor yang tinggi akan membuat paket aplikasimu lebih kuat.

Ujian yang dikenal sebagai penentu MBA ini bukanlah hal yang mudah. Persiapan perlu dilakukan dengan baik selama beberapa bulan, agar kamu mempunyai kesempatan terbaik untuk sukses mengikuti Tes GMAT. Selain mengikuti kelas persiapan GMAT test Jakarta di English Bridge, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu lakukan dalam menghadapi GMAT :

  1. Konsistensi Di Atas Intensitas

Kamu dapat membandingkan persiapan GMAT dengan belajar bermain catur. Tidak hanya perlu belajar dan mengetahui semua konsep dan triknya; Penting juga untuk percaya diri dan cepat dalam menggunakannya.

Ini berarti melakukan perhitungan cepat di bagian kuant. Untuk meningkatkan keterampilan ini lebih baik memiliki sesi latihan harian yang pendek daripada  latihan secara sekaligus selama akhir pekan.

  1. Buat Catatan Pembelajaran

Jumlah konsep yang diminta dalam pertanyaan tes GMAT terbatas. Oleh karena itu metode yang baik untuk memperbaiki dan mengurangi ‘area putih’  kamu adalah dengan catatan harian belajar.

Ini berarti seseorang harus menuliskan setiap pertanyaan persiapan yang tidak diketahui (atau juga pertanyaan yang membawa kamu terlalu lama untuk dijawab) dan mencoba memahami jawaban dan konsep yang benar di belakangnya. Jika kamu melakukan ini selama persiapanmu, kamu akan mengetahui, daftar kelemahanmu akan menjadi berkurang dari waktu ke waktu.

  1. Tetapkan Jadwal Persiapan GMAT Eksponensial

Tidak perlu mengakatakan bahwa kamu perlu cukup waktu dan merencanakannya secara efektif selama persiapan GMAT . Sangat disarankan agar kamu mengambil pendekatan eksponensial dalam perencanaan waktu persiapan; Semakin dekat kamu sampai ke tanggal ujian kamu, semakin banyak waktu yang Anda rencanakan untuk persiapan GMAT.

Jadi mungkin lebih bijaksana untuk memilih tanggal GMAT test yang terjadi menjelang akhir masa liburan, kamu  memiliki waktu seminggu atau lebih untuk fokus hanya pada GMAT sebelum ujian.

  1. Melatih Untuk Menggunakan Papan Gambar Laminasi Selama Persiapan GMAT

Banyak pusat uji hanya menawarkan papan gambar laminasi untuk perhitungan dan sketsa selama pengujian. Hal ini dapat menyebabkan iritasi bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan penanda yang dapat dihapus – terutama orang kidal, yang sering cenderung mencoreng catatan mereka.

Mengetahui hal ini, kamu harus mempraktikkannya selama tahap persiapanmu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebanyak mungkin pada hari uji coba.

  1. Jangan Melebih-Lebihkan Hasil Tes Persiapan GMAT

Dua tes persiapan yang tersedia di situs resmi tes GMAT dikutip oleh banyak sumber sebagai cara yang baik untuk berlatih dalam kondisi uji nyata. Ini nyata, tapi kamu tidak boleh melebih-lebihkan hasil yang didapat dari tes persiapan ini, karena tidak disesuaikan dengan hasil tes standar dan empiris. Jadi gunakan mereka, tapi jangan menganggap diri siap saat mencapai skor target dalam tes ini.

  1. Fokus Pada Kelemahanmu Dengan Cara Yang Terukur

Kita harus selalu mengetahui area tes GMAT yang paling lemah. Walaupun demikian, kesalahan besar hanya berfokus pada satu kelemahan dalam jangka waktu yang terlalu lama, karena pengetahuan GMAT juga bisa dilupakan dengan mudah dan cepat.

Metode yang baik dapat menetapkan tingkat pertanyaan persiapan dasar tertentu dalam setiap kategori untuk dilakukan setiap hari. Dalam kategori di mana kamu perlu memastikan pengetahuanmu, pertanyaan dan waktu tambahan harus direncanakan di atas. Oleh karena itu Kamu dapat memperbaiki kelemahan tanpa berisiko kehilangan fokus pada area lain.

  1. Cobalah Untuk Melampaui Target Skor GMAT Sebelumnya

Walaupun kamu tidak memerlukan skor GMAT  700+ untuk aplikasi MBA, mungkin hanya 500 atau 600 kamu bisa  melakukan overshoot selama persiapan agar dapat melebihi mencapai skor yang kamu inginkan.

Persiapanmu harus menargetkan skor GMAT minimal 50 lebih tinggi dari yang kamu butuhkan. Hal ini tidak biasa bagi pengambil tes untuk mencetak 30 poin lebih atau kurang dari yang mereka harapkan, tergantung pada kondisi fisik dan mental masing-masing pada hari ujian dan pertanyaan yang mereka hadapi.

  1. Tetapkan Tonggak Waktu Selama Tes GMAT

Salah satu skenario terburuk yang paling umum selama tes GMAT adalah peserta tes kehabisan waktu menjelang akhir. Salah satu masalah utama adalah kebanyakan kandidat tidak menyadari bahwa mereka tertinggal di belakang sampai terlambat. Sulit untuk memberi kompensasi dengan bijak dalam situasi ini, yang berarti bahwa pengambil dipaksa untuk mengambil tebakan yang cepat dan liar.

Alat sederhana untuk menghindari skenario ini adalah mengatur dan bertahan pada tonggak tertentu. Misalnya di bagian kuantitatif, kandidat harus segera tahu bahwa dengan 60 menit tersisa pada jam mereka seharusnya mencapai Q7 agar sesuai jadwal, dengan 45 menit tersisa Q15 harus selesai, dan seterusnya. Strategi ini memberi tahu Anda sejak awal bahwa Anda mungkin berada di belakang jadwal dan karena itu memberi Anda kesempatan dan cukup pertanyaan yang tersisa untuk bereaksi.

GMAT Test Jakarta, Persiapan Tes di English Bridge

Kamu bisa mencari Tentang Jadwal dan Tempat GMAT test Jakarta di halaman website resmi GMAT.  Kelas persiapan GMAT Test Jakarta di English Bridge memiliki program yang akan membantu kalian mendapatkan skor yang kalian inginkan.

Bagi calon siswa yang ingin bergabung bisa memilih persiapan GMAT secara semi private maupun persiapan secara private. Persiapan test GMAT di English Bridge terbukti efektif meningkatkan tingkat skor peserta. Kelas GMAT test Jakarta di English Bridge memiliki paket yang fokus pada peningkatan keterampilan tes para siswa.

Disini kami akan memberikan contoh soal yang nyata dan latar belakang yang relevan. Kalian akan mendapatkan persiapan dasar untuk pemula yang dapat diakses oleh calon peserta didik. Program ini membantu bagi peserta untuk keterampilan tes verbal maupun matematika dasar serta berlanjut dengan membantu kalian memahami soal-soal GMAT.

Program Persiapan Dasar pada English Bridge untuk GMAT memiliki target skor di kisaran 550 – 600. Semua Program Persiapan GMAT test Jakarta didukung oleh materi kursus yang telah dikembangkan di lembaga kami. Materi kursus dan soal latihan telah bersumber dari berbagai macam serta mencakup berbagai pertanyaan GMAT yang sebenarnya.

Langkah-langkah untuk mengambil tes GMAT :

Tentukan Waktu Untuk Kalian Akan Mengambil Sekolah Bisnis.

Misalkan kalian akan mengambilnya 1-2 tahun mendatang, mulailah mencari informasi yang kalian butuhkan. Perhatikan batas waktu dan syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mengambil sekolah bisnis tersebut.

Jika kalian akan mengambil sekolah bisnis 3-5 tahun ke depan? Cari tahu informasi tentang benefit dari belajar di sekolah bisnis serta dengarkan cerita dari para mahasiswa mengenai pentingnya GMAT test. Karena GMAT yang akan merupakan salah satu persyaratan terpenting.

Mendaftar GMAT Test Jakarta Dan Mulai Buat Schedule Jadwal Belajar.

Daftarkan diri kalian lebih awal ke sekolah bisnis tujuan Anda. Semakin awal kalian mendaftarkan diri maka semakin banyak pilihan tanggal untuk mengikuti tes GMAT.

Latihan Dengan Mengerjakan Contoh Soal.

Kalian dapat mulai belajar atau mencoba dengan mengerjakan berbagai tipe soal yang berbeda. Gunakanlah buku GMAT preparation untuk melihat keterampilan apa saja yang perlu kalian latih. Coba ukur kemampuan diri kalian.

Mulai Belajar Sejak Awal.

Buatlah rencana belajar yang sesuai dengan gaya hidup kalian. Cobalah mulai melakukan simulasi tes GMAT dengan mengerjakan soal tidak tidak sambil makanan, minum ataupun mendengarkan musik. Jangan lupa gunakan timer untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal.

Perhatikan Kemajuan Kalian Dan Terus Belajar.

Dengan berlatih menggunakan soal-soal yang sebenarnya apakah kemampuan kalian terus berkembang atau sama saja? Ukur terus kemampuan yang kalian miliki dan jangan males untuk terus belajar.

Bersiaplah Untuk Melakukan Tes GMAT.

Apabila sudah mempersiapkan diri dengan penuh keyakinan, maka saatnya untuk mendaftar tes GMAT. Pastikan kalian sudah siap dengan apa saja yang diperlu dilakukan dan dibawa pada saat tes dilaksanakan. Jaga kesehatan sehingga kalian akan fresh pada saat ujian.

Kamu dapat menghubungi English Bridge untuk berkonsultasi masalah persiapan GMAT kamu, Tidak hanya kelas persiapan GMAT test Jakarta, di English Bridge juga mempunyai program persiapan untuk TOEFL, IELTS, SAT, ACT, LSA, GRE, IGCSE, dan TOEIC. Kamu dapat menghubungi 0812 100 600 75 untuk melakukan konsultasi gratis.

English Bridge

Author English Bridge

More posts by English Bridge