Membuat rencana studi Tes GRE secara efektif merupakan salah satu cara agar kamu dapat benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian. Rencana studi akan membantu seorang siswa untuk tetap teratur dan menyerap semua materi yang diperlukan secara efektif.

Tips Menciptakan Rencana Studi Tes GRE Yang Efektif 1

Berikut ini ada sepuluh tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat rencana studi GRE sehingga kepercayaan diri bisa meningkat pada hari ujian:

  1. Lakukan Simulasi Tes

Penting bagi siswa untuk mengikuti simulasi Tes GRE sebelum membuat rencana studi. Hasil dari tes tersebut bisa menjadi tolak ukur untuk melihat kemampuan kamu dan bagian mana yang mesti diperbaiki.

Jika sudah mengetahui kelemahan pada dirimu, kamu dapat menyusun rencana studi yang berfokus pada bagian yang kamu memiliki titik lemah.

Di English Bridge, layanan bimbingan belajar GRE meliputi review hasil tes latihan dengan siswa. Teacher English Bridge memberi siswa strategi yang membantu mereka untuk menguasai pertanyaan di setiap bagian Tes GRE.

  1. Tetapkan Skor Sasaran

Siswa harus menetapkan skor target untuk GRE. Ini memberikan kamu gagasan konkret tentang apa yang ingin dicapai.

Jika saat latihan kamu sudah mencapai target skor yang diinginkan, kamu harus mempertahankannya sampai dengan Tes GRE berlangsung. Jika memungkinkan, kamu harus melampaui target nilai yang sudah ditentukan.

  1. Buat Tugas Studi untuk setiap hari

Rencana studi GRE terbaik adalah yang mencakup rincian spesifik. Siswa harus merencanakan untuk belajar setidaknya sepuluh jam per minggu.

Banyak siswa lebih memilih untuk belajar selama dua jam setiap hari kerja dan meninggalkan akhir pekan mereka secara percuma.

Kamu bisa mengatur studi, misalnya pada hari Senin dari pukul 3:00 sampai 4:00 kamu dapat menyelesaikan sepuluh pertanyaan geometri sampel dan sepuluh pertanyaan aljabar.

Dari jam 4:00 sampai 5:00, siswa tersebut menghafal dua puluh kata kosa kata dan definisinya. Rencana studi yang terperinci memungkinkan kamu untuk segera bekerja tanpa harus memutuskan apa yang harus dilakukan selama ini.

  1. Pilih Waktu Belajar yang Optimal

Memutuskan kapan harus belajar adalah bagian dari membuat rencana studi GRE. Banyak yang berpendapat bahwa pagi hari adalah waktu belajar yang paling baik.

Tetapi ada juga yang menganggap bahwa malam hari adalah waktu yang optimal untuk belajar. Kamu harus memahami dimana waktu belajar yang efektif, pagi hari ataukah malam hari.

Dengan mengetahui jadwal terbaik bagi dirimu akan memberi keuntungan tambahan saat mempersiapkan Tes GRE.

  1. Dapatkan Ahli untuk Mengevaluasi Rencana Studi

Instruktur di English Bridge dapat mengevaluasi rencana studi kamu untuk melihat apakah ada perbaikan yang dapat dilakukan.

Semua tutor GRE professional English Bridge meraih nilai tinggi dalam ujian. Ini berarti mereka memiliki wawasan unik tentang cara yang paling efektif untuk persiapan sebelum tes berlangsung.

Singkatnya, siswa memiliki akses untuk bertanya pada orang yang telah berpengalam mengenai tips berharga yang membuat rencana studi menjadi lebih efektif.

Tips Menciptakan Rencana Studi Tes GRE Yang Efektif 2

  1. Ciptakan Hadiah untuk Memenuhi Tujuan Kecil

Sebagian besar rencana studi Tes GRE mencakup periode bulan. Cobalah kamu melakukan suatu ide untuk menghargai diri kamu sendiri saat mencapao satu pencapaian jangka pendek.

Misalnya, kamu merencanakan hadiah untuk menonton film bersama teman begitu kamu bisa menghafal lima puluh kosa kata. Dengan memberikan hadiah kepada diri sendiri, dapat menciptkan motivasi yang lebih giat lagi.

  1. Tentukan Tempat yang Tepat untuk Belajar

Lingkungan yang tepat berkontribusi terhadap efektivitas waktu belajar. Kamu harus memilih lingkungan dengan sangat sedikit orang dan tidak ada televisi, radio ataupun gangguan lainnya.

Beberapa saran termasuk ruang belajar pribadi di perpustakaan, ruang sunyi di rumah atau bangku piknik kosong di taman dekat rumahmu.

  1. Pengecualian Faktor dalam Rencana Studi

Rencana studi yang efektif untuk Tes GRE memiliki unsur fleksibilitas. Tidak pelak lagi, hal-hal yang muncul akan mengganggu waktu belajar seorang siswa.

Jika seorang siswa harus melewati sesi belajar hari kerja, dia harus menjadwal ulang jam-jam tersebut untuk akhir pekan.

  1. Atur Jadwal Untuk Mereview Materi

Satu atau dua minggu sebelum hari ujian, kamu harus memasukkan sesi tinjauan singkat ke dalam rencana studi yang kamu buat.

Misalnya, kamu dapat mengambil tiga puluh menit dari sesi belajar dua jam untuk mengulasnya dengan kartu-kartu flash kosa kata.

Kamu mungkin menggunakan dua puluh menit waktu belajar untuk mengikuti kuis geometri cepat mengenai konsep dasar. Ulasan cepat ini dapat membantu kamu mempertahankan lebih banyak materi.

  1. Jangan Lupakan Malam Sebelum Ujian

Rencana studi harus mencakup kegiatan siswa malam sebelum ujian. Kamu mungkin ingin membuat catatan barang untuk dibawa keesokan paginya, kapan harus makan malam dan kapan harus tidur.

Kegiatan kamu saat malam sebelum tes bisa memberi nada positif untuk hari ujian. Dengan persiapan ujian yang matang, kamu akan mudah untuk melewati semuanya.

Instruktur GRE berbakat di English Bridge mengkhususkan diri dalam membantu kamu mempersiapkan ujian penting ini. Sumber dan bahan belajar akan menambah kualitas kursus yang English Bridge berikan. Tunggu apalagi, kamu bisa menghubungi English Bridge secepatnya.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengambil Tes GRE ada enam yang harus kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu.

Kamu yang berencana mendaftar ke sekolah pascasarjana memiliki daftar panjang yang harus dilakukan. Satu item dalam daftar itu adalah mengambil Graduate Record Examination (GRE).

Banyak lulusan sekolah mengharuskan siswa untuk memasukkan hasil tes ini beserta aplikasinya. Lihatlah beberapa informasi tentang cara mendaftar GRE. Selain itu, pelajari bagaimana instruktur professional di English Bridge membantu kamu mempersiapkan diri untuk berprestasi dalam GRE:

  • Membuat Akun

Tes GRE akan diadakan di lembaga resmi ETS. Kamu harus membuat akun pada situs ini untuk mendaftar diri pada tes GRE. Akun ini juga berfungsi untuk melihat nilai GRE yang kamu dapatkan.

Jangan lupa untuk menggunakan nama lengkap dalam membuat akun. Jangan pernah mendaftarkan ujian dengan nama beken atau nama keren karena akan menyusahkan kamu.

Nama yang sama ini harus digunakan saat kamu mendaftar untuk ujian. Setiap ketidaksesuaian seperti penggunaan nama yang disingkat dapat menyebabkan penundaan dalam proses registrasi.

Juga, jika nama pada formulir pendaftaran siswa berbeda dari yang di identifikasi, siswa tersebut mungkin tidak diizinkan untuk mengikuti GRE pada hari ujian.

  • Pilih Lokasi Pengujian dan Tanggal Ujian

Begitu kamu sudah membuat akun di situs ETS, ada baiknya kamu memeriksa berbagai tenggat waktu pendaftaran tes. Kamu harus mendaftar pada batas waktu untuk menghindari membayar biaya tambahan.

Setelah mencatat tenggat waktu ujian, saatnya menemukan lokasi pengujian. Kamu harus memulai pencarian dengan mengklik negara, negara bagian dan kota.

Setelah memasukkan informasi yang sesuai, mungkin ada beberapa lokasi uji yang dapat dipilih. Setelah mengklik lokasi pengujian terdekat, kamu dapat memilih tanggal ujian dan melihat apakah ada kursi yang tersedia di lokasi tersebut.

Proses pendaftaran Tes GRE sederhana jika siswa mengikuti semua langkah yang ada sesuai dengan tanggal dan lokasi.

  • Membayar Biaya Uji

Biaya untuk mengambil GRE adalah $ 195,00. Biaya ini dibayarkan selama proses pendaftaran GRE. Kamu harus mengingat bahwa ada biaya tambahan untuk layanan seperti beralih ke pusat tes lain atau hari ujian lainnya.

Ada pilihan untuk mendapatkan sertifikat pengurangan biaya jika seorang siswa memenuhi semua persyaratan kelayakan.

Tips Menciptakan Rencana Studi Tes GRE Yang Efektif

  • Pelajari Apa yang Harus Dibawa dan Apa yang Tidak Dibawa di Hari Uji

Kamu harus membawa identitas yang valid pada hari ujian. Nama pada ID harus sesuai dengan nama yang digunakan siswa untuk mendaftar untuk ujian.

Juga, siswa harus memiliki tiket masuk tes GRE. Tiket masuk dikenakan di lokasi pengujian, tanggal ujian, dan perguruan tinggi yang akan menerima hasil tes. Tidak ada perangkat elektronik atau telepon yang diizinkan untuk dibawa pada area pengujian.

  • Dressing untuk Test

Siswa yang mengikuti Tes GRE akan berada di lokasi pengujian selama lebih dari tiga jam. Waktu pengujian total mungkin lebih lama jika siswa diijinkan untuk mengambil istirahat yang berlangsung lebih dari beberapa menit.

Salah satu tips yang berharga adalah memakai pakaian longgar dan nyaman ke lokasi pengujian. Kamu bisa menjaga-jaga dengan membawa sweter, jika ruangan ujian dingin kamu bisa menggunakannya. Tidak mengherankan, tingkat kenyamanan siswa selama tes memang berpengaruh pada kinerja mereka.

  • Mengirim Hasil Uji ke Perguruan Tinggi

Biaya tes termasuk pilihan untuk mengirimkan hasil GRE sampai ke empat perguruan tinggi. Mereka yang ingin mengatur agar mengirim laporan skor tambahan ke perguruan tinggi lain harus membayar biaya tersebut.

Siswa juga dapat melihat nilai tes mereka melalui akun mereka di situs ETS. Skor siswa di tes GRE berlaku selama lima tahun.

Kamu ingin mengikuti tes GRE tetapi belum mempunyai persiapan yang matang? Segera gabung di English Bridge. Kamu bisa berkonsultasi secara gratis dengan menghubungi no whatsapp 0812 100 600 75.