TOEFL

Pahami Tes TOEFL, dan Bagaimana Persiapannya

By April 25, 2017 October 1st, 2018 No Comments

Pahami Tes TOEFL, dan Bagaimana Persiapannya

Sebagian orang masih belum menyadari pentingnya tes TOEFL. Pertanyaan yang sering terlintas mengenai TOEFL yaitu, seberapa pentingkah tes TOEFL? atau apakah perlu mengulang  untuk mendapatkan skor TOEFL yang lebih baik? Masing-masing orang tentu memiliki pandangannya sendiri  dan di sini akan dijelaskan mengenai hal tersebut.

TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) merupakan ujian dalam mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang. Ini diperlukan bagi orang-orang yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa asli mereka. Tes ini biasanya digunakan untuk siapa pun yang ingin studi keluar negeri atau untuk mengajukan beasiswa ke luar negeri.

Tes TOEFL cenderung ke arah gaya bahasa american english. Di indonesia sendiri skor TOEFL juga biasa digunakan oleh mahasiswa maupun pelajar. Bahkan, oleh beberapa perusahaan tes TOEFL menjadi syarat masuk untuk bekerja maupun untuk kenaikan pangkat.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya tes TOEFL lebih cenderung kepada gaya bahasa American English dan hal ini berbeda dengan IELTS. IELTS cenderung kepada British English. Perbedaan tidak hanya berada pada gaya bahasanya tetapi juga pada saat proses tes berlangsung.

Skor TOEFL menjadi hal yang penting karena dapat menjadi tolok ukur bagi kemampuan berbahasa inggris seseorang. Jika melihat dari sudut pandang seorang mahasiswa atau pelajar maka hal tersebut dapat menjadi syarat untuk kelulusan, mendapatkan beasiswa, syarat masuk sebuah perguruan tinggi, dan masih banyak lagi.

Apabila melihat dari sisi seorang fresh graduate atau pekerja, maka ini tes TOEFL dapat berguna sebagai syarat masuk untuk melamar kerja di sebuah perusaaaan terutama perusahaan multinasional. Hal ini dikarenakan pada umumnya sebuah perusahaaan besar atau perusahaan multinasional mewajibkan pegawainya untuk dapat berbahasa inggris dengan baik dan salah satunya dapat dilihat melalui skor TOEFL yang didapat.

Menjawab pertanyaan selanjutnya, mengulang tes TOEFL menjadi hal yang penting pada situasi tertentu. Mengulang tes menjadi penting ketika kamu ingin mendapat skor yang lebih baik.  Di samping itu, mengulang tes TOEFL juga perlu ketika skor yang dimiliki belum mencapai target yang diharapkan.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa skor TOEFL berguna sebagai persyaratan di dunia pendidikan maupun pekerjaan. Perlu juga kamu ketahui bahwa saat ini skor tersebut juga menjadi syarat untuk mendaftar sebagai PNS (pegawai negeri sipil). Melihat hal tersebut, dapat dikatakan bahwa skor TOEFL saat ini sangat dibutuhkan.

Mengingat pentingnya tes TOEFL tersebut, menyebabkan kamu harus mulai melakukan TOEFL preparation dan berlatih dari sekarang. TOEFL preparation tersebut nantinya berguna untuk mengerjakan tes. Bagi yang kurang baik dalam berbahasa inggris maka persiapan tersebut merupakan faktor yang sangat penting. Bagaimanapun juga, tes TOEFL ini perlu dilakukan dan TOEFL preparation harus dilakkan dengan baik.

Pada pembahasan sebelumnya telah disebutkan bahwa skor TOEFL yang didapat nantinya bisa menjadi tolok ukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Ada beberapa tingkatan yang digunakan untuk mengukur kemampuan tersebut. Level yang paling rendah ialah elementary, intermediate, high intermediate dan terakhir yang paling tinggi yaitu advance.

Perbedaan tingkatan tersebut disebabkan oleh perbedaan rentang skor yang didapat. Apabila skor TOEFL yang didapat berkisar anatara 310-420 maka termasuk ke dalam kategori elementary. Jika skor TOEFL berkisar 420-480 maka masuk ke dalam kategori intermediate. Selanjutnya ialah skor TOEFL 480-520 termasuk pada kategori high intermediate. Tertinggi yaitu advance dengan skor 525-677.

Skor TOEFL menjadi hal yang penting dikarenakan beberapa hal ialah sebagai berikut. Pertama, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tes TOEFL ini menjadi persaratan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri ataupun sebagai syarat kelulusan. Kedua, apabila akan mengikuti kursus maka tes TOEFL ini akan menjadi indikator untuk penempatan kelas.

Ketiga, skor yang didapat nantinya digunakan sebagai syarat mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi keluar negeri. Beasiswa tersebut dapat berasal dari program negara asal maupun program yang berasal dari kementerian dalam negeri. Terakhir yaitu menjadi syarat masuk perusahaan atau pengembangan karir.

Melihat pentingnya peran tes TOEFL dan skor TOEFL tersebut menjadikan kamu harus melakukan TOEFL preparation dengan baik. Pastikan juga bahwa lembaga yang dipilih memiliki kredibilitas dan hasilnya diakui oleh seluruh instansi maupun organisasi seperti pemerintahan, swasta, maupun perguruan tinggi.

Pelaksanaan tes TOEFL biasanya terdiri atas empat sesi yaitu:

  • Listening, dimana peserta nantinya akan diputarkan audio percakapan. Tugas peserta nantinya ialah menjawab pertanyaan yang telah disediakan atas audio yang telah diputarkan
  • Grammar and Written Expression, peserta nantinya akan disajikan soal-soal baik yang berbentuk kalimat maupun percakapan. Pada bagian ini akan menguji mengenai pemahaman peserta mengenai grammar.
  • Reading, merupakan soal yang diawali dengan sebuah paragraf atau cerita kemudian dimunculnkan beberapa pertanyaan pada akhirnya. Pada sesi ini peserta dituntut untuk memperkaya kosa kaya yang dimiliki sehingga dapat memahami paragraf atau cerita yang disajikan.
  • Writing, pada sesi ini diuji mengenai kemampuan kosa kata dan grammar. Hal ini dikarenakan peserta harus membuat sebuah karangan sesuai dengan tema atau situasi yang digambarkan.

Tips Melakukan TOEFL Preparation

Setelah mengetahui beberapa kategori/level, sebaiknya kamu segera melakukan TOEFL preparation untuk mendapatkan skor yang diinginkan. Intinya adalah kamu harus dapat memahami bahasa inggris dengan cukup baik. Dalam melakukan TOEFL preparation disarankan agar kamu melakukan kursus persiapan tes TOEFL atau membeli buku.

Melakukan persiapan tes TOEFL dapat dilakukan dengan beragam cara. Pertama, yaitu melalui lembaga khusus persiapan tes TOEFL. Salah satu lembaga yang melayani persiapan untuk TOEFL yaitu English Bridge. Selain TOEFL preparation, English Bridge juga melayani persiapan untuk IELTS, SAT, ACT, ISAT, GMAT, GRE, IGCSE, dan TOEIC.

Kelas persiapan tersebut dapat diambil melalui kelas privat ataupun dalam bentuk kelas kelompok. Hal tersebut tentu disesuaikan pada kebutuhan serta keinginan dari masing-masing individu. Sebaiknya sebelum TOEFL preparation, setidaknya kamu pernah satu kali melakukan tes untuk melihat gambaran seberapa besar kemampuan yang dimiliki.

Keuntungan yang didapat apabila memilih untuk melakukan TOEFL preparation melalui lembaga kursus yaitu adanya pengajar. Pengajar dapat menjadi media agar seseorang dapat lebih memahami mengenai apa itu TOEFL dan apa saja yang harus dipelajari. Pengajar yang profesional juga dapat menjadi mediator yang tepat bagi kamu untuk lebih memahami mengenai materi pembelajaran.

TOEFL preparation juga dapat dilakukan melalui membeli buku-buku. Ada beberapa pilihan jenis buku yang dapat ditemui di toko guna mempermudah mempelajari soal-soal TOEFL. Kelebihan persiapan menggunakan mediator buku yaitu biaya yang lebih murah dan dapat dipelajari di manapun pada saat waktu luang.

Namun, TOEFL preparation melalui buku tentu juga memiliki kekurangan. Hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan secara individu tanpa didampingi pengajar. Hal ini dapat menimbulkan adanya kesalahan dalam memahami materi yang ada. Selain adanya kesalahan dalam memahami materi, hambatan lainnya yang ditemukan yaitu sulitnya memahami materi.

Melihat hal tersebut, belajar melalui lembaga TOEFL preparation tentu masih unggul apabila jika dibandingkan dengan belajar melalui buku. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan persiapan sebelum memutuskan untuk mengambil tes TOEFL. Apabila persiapan yang dilakukan maksimal maka tentu hasil skor yang didapatkan pun bisa lebih baik.

Melihat beberapa sesi yang dilakukan pada saat tahap tes yang dilakukan menyebabkan perlunya banyak hal yang harus dilakukan terutama jika kamu ingin memaksimalkan waktu yang digunakan untuk persiapan sebelum melakukan tes TOEFL yaitu:

Pertama, kamu dapat mencari tahu gambaran mengenai tes yang akan kamu ikuti. Di mana sebelumnya juga telah dijelaskan mengenai beberapa sesi yang akan dilakukan ketika melakukan tes. Dengan sudah terlihatnya gambaran mengenai seperti apa yang digunakan maka kamu bisa semakin percaya diri untuk menjalaninya  dan mendapat skor TOEFL yang baik.

Melihat banyaknya soal yang harus dikerjakan, maka kamu juga harus melatih kemampuan untuk mengerjakan setiap sesi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sebagai tips, kerjakanlah soal-soal yang kamu anggap mudah pada sesi 2 sampai 4. Jangan terpaku lama pada pertanyaan dengan jawaban yang dianggap membingungkan atau sulit.

Untuk tips yang dapat dilakukan pada sesi 1 yaitu listening, TOEFL preparation dapat dilakukan dengan membuat catatan kecil mengenai percakapan yang sering digunakan atau mencatat kalimat dengan pengucapan yang mirip. Hal ini dapat meminimalisir kemungkinan adanya salah pemahaman.

Kedua, mencatat kosa kata yang dianggap susah juga bermanfaat. Dengan mengingat banyak kosa kata maka akan semakin mudah dalam mengerjakan tes setiap sesinya. Di samping itu, kamu juga akan semakin mudah dalam mengerjakan sesi ke-4 yaitu writing.

Sukses Ujian TOEFL

Dengan melakukan persiapan ujian TOEFL tersebut maka kamu dapat mengetahui apa yang menjadi kelemahan. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan dan segera memperbaikinya maka kemampuan berbahasa inggris kamu akan semakin baik dan baik lagi.

Tidak kalah pentingnya, dalam menulis karangan pada saat ujian TOEFL juga harus dipersiapkan. Hal ini dimaksudkan agar pada sesi kerakhir kamu dapat menyelesaikannya dengan baik. Tidak hanya kosa kata yang kaya namun diperlukan juga kemampuan penggunaan grammar yang baik serta penggunaan tanda baca yang tepat.

Di samping itu, kemampuan dalam mengungkapkan sebuah gagasan juga perlu diperhatikan. Ditambah lagi paragraf karangan harus sesuai dengan urutan atau kerangka karangan. Hal ini yang menyebabkan kamu harus dapat menuliskan gagasan secara urut sehingga akan menghasilkan skor TOEFL yang maksimal.

Dalam memperisapkan ujian TOEFL kamu juga harus rajin banyak membaca artikel ataupun tulisan berbahasa inggris. Dengan membaca, akan mempermudah dalam memahami penggunaan serta pola kalimat yang digunakan. Membaca juga dapat menambah pengetahuan sehingga tes dapat dikerjakan dengan baik.

Terakhir, hal yang tidak kalah pentingnya ialah dengan berlatih mengerjakan soal-soal. Latihan soal dapat dilakukan melalui online, buku, ataupun mengikuti latihan pada lembaga persiapan tes. Selain persiapan, diperlukan juga menentukan target untuk mendapat hasil skor TOEFL sesuai dengan yang diharapkan.

Disamping melakukan persiapan ujian TOEFL, ada beberapa hal pendukung yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan dalam tes sehingga skor TOEFL yang didapat memuaskan. Berikut ini adalah hal yang dapat dilakukan:

  • Membuat Target Skor

Sebelum ujian TOEFL sebaiknya kamu membuat target skor. Dengan membuat target skor maka kamu akan terdorong untuk belajar lebih banyak lagi. Semakin tinggi target yang dibuat maka motivasi untuk belajar juga akan besar. Ini dikarenakan kamu tentu akan berusaha dengan giat apabila memiliki target skor yang tinggi.

Meskipun menentukan target merupakan hal yang penting namun buatlah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pastikan target skor TOEFL setidaknya beberapa persen diatas batas kemampuan. Ini dikarenakan apabila menetapkan target jauh diatas batas maka akan sulit untuk mencapainya. Jadi, buatlah target yang sekiranya kamu yakin dapat mencapainya.

Untuk mengetahui batas kemampuan kamu sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan cara melakukan ujian TOEFL terlebih dahulu. Skor TOEFL yang didapatkan nantinya dapat menjadi batas kemampuan kamu. Setelah mengetahui skor tersebut maka selanjutnya dapat dilakukan dengan menentukan target.

Target dapat kamu tingkatkan secara berkala. Apabila melakukan hal ini maka tentu kamu tidak akan sekali melakukan tes. Ini juga menjadi salah satu alasan dasar mengapa kamu perlu melakukan ujian TOEFL untuk mendapatkan skor yang lebih baik.

  • Percaya Diri

Untuk menjadi sukses dalam hal apapun maka diperlukan adanya percaya diri yang baik. Hal ini juga berlaku dalam mempersiapkan ujian TOEFL. Percaya diri diperlukan tidak hanya saat proses persiapan namun juga pada saat tes belangsung. Hal ini dapat dihubungkan melalui dua hal sebelumnya.

Percaya diri diperlukan pada saat persiapan. Apabila kamu cukup percaya diri pada kemampuan berbahasa inggris maka persiapan TOEFL dapat dilakukan sendiri dengan cara membeli buku. Namun, apabila tidak cukup percaya diri maka dapat mengikuti lembaga kursus persiapan ujian TOEFL.

Mengapa hal itu penting? Ini dikarenakan apabila kelas yang diambil dalam bentuk kelompok, maka diperlukan adanya keberanian untuk aktif dan bertanya. Apabila kamu aktif di kelas, maka ilmu yang didapatkan bisa lebih banyak sehingga waktu belajar bisa lebih maksimal.

Percaya diri juga perlu pada saat melakukan tes. Apabila telalu gugup dalam menghadapi tes maka dikhawatirkan akan berdampak pada performa saat melakukan tes. Gugup dapat mengakibatkan kamu kurang fokus atau lupa atas apa yang telah dipelajari. Kedua hal tersebut dapat berdampak pada menurunnya hasil skor TOEFL yang akan didapatkan.

  • Buat jadwal

Rencana jadwal penting terutama pada saat tahap ujian persiapan TOEFL. Dengan adanya jadwal maka kamu dapat mempersiapkan berapa lama harus melakukan persiapan dan kapan harus mengambil tes. Dengan menentukan jadwal persiapan maka kamu dapat dengan cepat menyelesaikan tes. Hal ini bertujuan agar semuanya berjalan sesuai rencana.

Rencana atau jadwal dalam melakukan TOEFL preparation menjadi penting karena kamu dapat menargetkan berapa lama harus menyelesaikannya sehingga tidak berlarut-larut. Tanpa adanya perencanaan maka dikhawatirkan bahwa target skor TOEFL kamu tidak akan tercapai dengan baik. Terlebih lagi ketika memutuskan untuk meningkatkan skor secara bertahap.

Untuk melakukan TOEFL preparation kamu dapat menghubungi English Bridge. Tidak hanya TOEFL Preparation, English Bridge juga menyediakan IELTS, SAT, ACT, LSAT, GMAT, GRE, IGCSE, dan TOEIC preparation. Kamu dapat menghubungi 021 52 9000 15 atau 0812 100 600 75 untuk melakukan konsultasi gratis.

 

English Bridge

Author English Bridge

More posts by English Bridge