Tes IELTS Jakarta – IELTS adalah kepanjangan dari International English Language Testing System yaitu tes bertujuan untuk menguji kemampuan dalam bahasa inggris. IELTS biasanya digunakan untuk studi keluar negeri, beasiswa, mengurus visa dan pindah kewarganegaraan.

Terdapat dua jenis IELTS yaitu Academic Version dan General Training Version. IELTS akademik biasanya digunakan untuk mereka yang ingin masuk perguruan tinggi. Sedangkan general training digunakan untuk melamar pekerjaan atau keperluan migrasi ke Negara pengguna british English.

Materi tes IELTS Jakarta sama pada kedua sesi yaitu listening selama 30 menit, reading selama 1 jam, writing selama 1 jam dan yang terakhir speaking antara 12-15 menit. Secara keseluruhan kamu akan membutuhkan waktu 3 jam untuk mengerjakan semua soal. Rentang skor antara 1-9. Untuk keperluan sekolah keluar negeri skor yang dibutuhkan diatas 5,5.

Begini Cara Mengerjakan IELTS Prediction Test Jakarta

Setiap skor dalam tes IELTS Jakarta mempunyai kategori yaitu skor 9 disebut pengguna ahli, skor 8 disebut pengguna yang sangat baik, skor 7 disebut pengguna yang baik, skor 6 disebut pengguna kompeten, skor 5 disebut pengguna sederhana, skor 4 disebut pengguna terbatas, skor 3 disebut pengguna sangat terbatas, skor 2 disebut pengguna intermiten (hanya mengetahui informasi yang sangat mendasar) dan terakhir skor 1 disebut tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris.

Jika kamu memiliki rencana melanjutkan studi di luar negeri, kemampuan berbahasa Inggris menjadi kunci utama. Ada beberapa sertifikat yang dijadikan alat ukur untuk melihat kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Selain TOEFL, ada pula IELTS yaitu tes yang diakui secara global untuk menguji kemampuan dalam berbahasa Inggris.

Kita bahas lebih jauh tentang apa saja yang akan diujikan dalam tes IELTS Jakarta. Yang pertama adalah Listening, tes akan berlangsung selama 30 menit dengan 4 bagian soal dan 40 pertanyaan. Yang menjadi bahan pertanyaan adalah pemahaman spesifik dan keseluruhan bahasa Inggris dalam berbagai konteks dan format.

Sesi yang kedua adalah Reading. Tes ini akan berlangsung selama 60 menit. Kamu akan mendapatkan 3 bagian soal dan 40 pertanyaan. Kamu harus bisa memahami teks bacaan secara rinci dan menunjukkan kalau kamu memahami informasi yang ada pada bacaan dalam bahasa inggris.

Ketiga adalah Writing, tes ini akan berlangsung selama 60 menit, kamu diwajibkan untuk menjawab 2 pertanyaan. Pada sesi ini, kamu harus menunjukkan kemampuan yang dimiliki dengan cara menulis dan konteks yang berbeda. Struktur kaliamat yang digunakan, kosa kata, penggunaan tata bahasa dan gaya akan dinilai.

Terakhir adalah Speaking. Tes ini akan berlangsung 11-14 menit dan terdiri dari 3 bagian. Bagi kamu yang mengikuti IELTS akademik dan general akan mendapatkan soal yang sama. Kalian bisa membicarakan mengenai topic pribadi, memberikan pembicaraan singkat tanpa bantuan pada topic yang dipilih.

Baca Juga: IELTS Preparation Course Jakarta

Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Tes IELTS Jakarta

 

Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Tes IELTS Jakarta

Kamu bisa menentukan persiapan yang beda-beda, baik mengikuti les preparation maupun belajar otodidak. Ada beberapa yang perlu kalian lakukan untu mengikuti tes IELTS Jakarta, diantaranya :

Tentukan tujuan mengambil IELTS

Orang yang mengikuti tes IELTS mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Tujuan tersebut menentukan juga deadline pengumpulan nilai IELTS, apakah masih enam bulan lagi, satu tahun lagi, atau sekedar untuk jaga-jaga saja. Disarankan untuk kamu mengambil IELTS jauh-jauh hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Lakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan saat ini

Setelah kamu sudah memiliki tujuan yang jelas dan nilai yang ingin dicapai, sekarang waktunya kamu mengetahui kemampuan yang dimiliki sudah sampai dimana. Kamu bisa menilai kemampuan dengan mengikuti.

Tentukan jangka waktu persiapan tes IELTS Jakarta

Setelah sudah menentukan tujuan, kita akan mengetahui kapan akan mengumpulkan nilai IELTS. Kamu akan mendapatkan skor IELTS 13 hari setelah tes berlangsung. Kamu harus menentukan tanggal tes, hal tersebut guna menentukan berapa lama kita akan mempersiapkan untuk ujian.

Idealnya, setiap waktu bisa dijadikan latihan. Misalkan kamu sedang berpergian dan menggunakan kendaraan umum, sambil menunggu kamu bisa berlatih soal.

Tentukan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai target skor IELTS

Untuk mencapai skor yang ditentukan perlu adanya persiapan dan latihan yang dilakukan. Maka kamu harus menentukan apakah mau belajar sendiri atau mengikuti kursus. Untuk kamu yang kesulitan belajar otodidak, disarankan untuk mengambil Kursus IELTS.

Kelebihan mengambil Kursus Persiapan IELTS adalah kita akan mendapatkan guru mentor yang dapat membantu melatih speaking dan listening kita. Serta dapat memeriksa tulisan kita dalam bahasa inggris. Bagi kalian yang masih kurang dalam pengucapan bahasa inggris bisa mengikuti kelas general English terlebih dahulu baru mengikuti kelas preparation IELTS.

Setelah belajar dan mengikuti kelas persiapan, waktunya kamu mengikut tes dengan semangat. Kerjakan soal yang mudah dahulu. Saat listening, diusahakan untuk membaca soal terlebih dahulu dan dengarkan dengan baik.

Ketika sudah melakukan tes IELTS Jakarta, kalian tinggal menunggu skor yang didapatkan. Skor akan didapatkan 13 hari setelah ujian berlangsung.

Pasti timbul pertanyaan pada diri kamu, setelah sudah melakukan tips diatas tapi mengapa mengerjakan tes IELTS Jakarta masih kurang baik? Dr. Sian Beilock, seorang psikolog di University of Chicago, mempelajari mengapa orang melakukan hal yang buruk saat situasi stres seperti ujian.

Dia menemukan bahwa saat kamu mengalami stress saat menjalani ujian, maka bagian dari fokus pada pertanyaan akan terganggu. Hal tersebut dapat mengakibatkan nilai yang kalian dapatkan akan lebih jelek dibandingkan kalian melakukan tes dirumah pada saat latihan.

Untuk solusinya, sebelum kamu melakukan ujian, coba untuk menuliskan semua perasaan yang dirasakan dalam selembar kertas. Hal tersebut dapat membuat otak menjadi lebih relaks dan kamu bisa mengerjakan soal dengan baik tanpa ada rasa stress.

Cobalah untuk memperbanyak melakukan praktek tes. Dengan sering melakukan simulasi tes, kamu akan terbiasa dengan situasi tersebut dan dapat mengurasi stres saat ujian. Bila diperlukan, sebelum memasuki ruangan tes dengarkan lagu-lagu yang bisa membuat pikiran menjadi tenang.

Baca Juga: Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang IELTS Jakarta

Begini Cara Mengerjakan IELTS Prediction Test Jakarta

 

Tips Tes IELTS Jakarta Untuk Mendapatkan Skor Tinggi

Kita akan memberikan cara agar kalian tidak terjebak dengan soal-soal IELTS prediction test Jakarta. Pada bagian listening di IELTS prediction test jakarta, kamu diharuskan untuk mendengarkan secara baik, efektif dan mengerti akan persoalan yang dibicarakan.

Karena di tes ini, banyak sekali soal yang menjebak sehingga kamu memilih jawaban yang salah. Kita akan menjelaskan agar kamu tidak salah menjawab pertanyaan dalam sesi listening.

Jebakan soal yang sering ada adalah kalian mendengarkan percakapan dua orang dengan topik yang sama. Salah satunya memberikan informasi dan yang satunya lagi mengoreksi informasi. Itu berarti kamu mendengarkan hanya sepotong informasi yang sama dalam dua versi.  Mari kita lihat contohnya.

Contoh 1:

Question: The man ordered _____ T-shirts.

Dialogue:

Man: Hi, I’m calling to confirm a delivery of thirty T-shirts to my apartment in Waterloo.

Woman: I see… let me have a look. Oh, we only have one order for Waterloo, sir, and it’s for thirteen shirts, not thirty.

Man: Ah, yes! Did I say thirty? Sorry. I meant thirteen. It is thirteen shirts.

Contoh 2:

Question: What is the correct postcode? _____

Dialogue:

Man: Where do you live, Lynda?

Lynda: Unit 15, Maximilian Way.

Man: That’s in Whitfield, right? I have a cousin who lives in that area.

Lynda: Yes, Whitfield.

Man: And the postcode is double seven double five?

Lynda: Not quite — you’ve got it the wrong way around. It’s double five double seven.

Contoh 3:

Question: What is Lynda’s date of birth? 25th _______

Dialogue:

Man: Just one more thing — your date of birth — but I can get that from the card. One moment…

Lynda: Look. I’m afraid you haven’t copied it down correctly. I was born on 25th September 1990.

Man: What have I written? Oh yes, I see now. I’ve got the 25th of the eighth month, but that would make it August…

Soal seperti diatas akan sering kita temui. Soal tersebut akan sangat mudah bila kita mengerjakannya pada sesi reading, tetapi ketika dalam sesi listening dan hanya bisa didengarkan satu kali bukan mudah yang didapatkan tetapi kita akan kebingungan. Karena kata yang diucapkan sangat mirip.

Pada contoh pertama, kedua kata “tiga puluh” dan “tiga belas” diulang beberapa kali dan mereka terdengar sangat mirip. Pada contoh yang kedua, jawaban yang salah di ungkapkan pertama kali dan diikuti oleh jawaban yang benar. Sedangkan pada contoh ketiga, jawaban yang benar diberikan terlebih dahulu baru jawaban yang salah. Itu semua berarti kalian tidak bisa memprediksi urutan jawaban.

Pada dialog dua, awalnya dia mengatakan “tujuh puluh tujuh lima” tapi pria tersebut mengatakan “ganda tujuh ganda lima”. Soal tersebut akan membingungkan kamu, maka dari itu kamu harus mendengar dengan baik, tenang dan harus tepat.

Yang harus kamu lakukan agar terhindar dari soal tersebut adalah dengan terus berlatih listening berulang-ulang. Kalian juga bisa untuk mengikuti tes preparation di English Bridge dengan meminta latihan listening lebih mendalam. English Bridge memiliki dua center yaitu di Kelapa Gading dan Mega Kuningan.

Pada bagian reading untuk IELTS prediction test Jakarta musuh terbesar kalian adalah waktu. Kamu akan diberikan waktu selama satu jam untuk menyelesaikan tiga bagian dalam soal reading. Jika kamu tidak mengetahui tips yang tepat untuk mejawab soal pasti kamu akan terburu-buru dan bisa mengakibatkan kesalahan.

Pada tahap pertama, kamu akan dihadapkan soal pilihan ganda, kamu diwajibkan memilih satu jawaban yang benar dari dua jawaban yang disediakan. Gunakan pengetahuan kalian tentang dunia untuk menjawab pertanyaan.

Contohnya, ada pertanyaan tentang seperti apa matahari? Pilihan jawaban yang tertera adalah panas, biru, dan kuning. Kamu sudah sering melihat matahari, dia tidak dingin dan juga tidak biru maka jawaban biru dan dingin adalah salah. Kamu tinggal memilih jawaban antara kuning dan panas. Cara ini dapat kalian gunakan untuk menjawab soal reading.

Pada bagian writing, kamu diwajibkan untuk menuliskan esai dengan 250 kata, tidak boleh kurang maupun lebih. Yang menjadi penilaian dalam IELTS prediction test Jakarta adalah kamu harus menuliskan esai secara relevan dan memberikan ide-ide baru untuk tulisan yang kamu buat.

Kamu juga harus menuliskan esai secara terstruktur sehingga akan enak untuk dibaca dan dipahami. Kalian harus mengeluarkan ide-ide segar dalam paragraph yang dituliskan. Kalau perlu kamu bisa menambahkan kata-kata seperti, namun, oleh karena itu dan meskipun.

Gunakan berbagai kosa kata untuk menambah penilaian, walaupun kosa kata tersebut tidak 100% benar tapi kamu harus memastikan hanya menggunakan sedikit kesalahan kosa kata. Jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa, akurasi, penggunaan kata yang struktur.

Tahapan terakhir dalam IELTS prediction test Jakarta adalah berbicara atau speaking. Dalam tes ini, kamu tidak hanya berbicara asal-asalan, terdapat aspek psikologis yang dapat membantu meningkatkan skor kalian.

Dalam buku Berpikir Cepat dan Lambat, psikolog Daniel Kahneman menjelaskan terdapat dua sistem dari pikiran manusia. Sistem 1 adalah pikiran bawah sadar yaitu pemantauan konstan lingkungan kita, termasuk orang-orang di sekitar.

Sistem 2 adalah sadar, penalaran diri yang memiliki keyakinan, membuat pilihan dan memutuskan apa yang harus berpikir tentang dan apa yang harus dilakukan. Kita cenderung untuk mengidentifikasi diri dengan Sistem 2, tetapi Sistem 1 memiliki pengaruh lebih besar pada kita dari yang kita pikirkan. Hal ini menyumbang hingga 90% dari ‘pemikiran’ kamu.

Apa yang bisa disimpulkan dari buku tersebut? Dalam IELTS speaking yang mengetest kamu adalah manusia, berikan sifat yang positif terhadap mereka maka mereka pun akan sebaliknya. Jika kamu ramah, sopan, tersenyum dan membuat kontak mata, mereka akan memberikan penilaian positif.

Tetapi jika sebaliknya, kamu melihat perekam saat sedang berbicara dan berjalan keluar tanpa pamit, mereka akan menjadi negative dan itu akan mempengaruhi perolehan skor yang akan didapatkan. Kesan yang baik akan membuat si penilai memberikan skor yang lebih tinggi dan bisa saja membuat semua perbedaan untuk skor yang dimiliki secara keseluruhan.

Untuk kamu yang ingin mengikuti Tes IELTS Jakarta, kamu bisa mempersiapkannya di English Bridge. English Bridge adalah salah satu tempat terbaik Kursus untuk persiapan tes Berbahasa Inggris. Kamu bisa menghubungi 0812 100 600 75 atau 021 – 300 297 89 untuk berkonsultasi mengenai persiapanmu secara gratis.