SAT preparation merupakan tahapan yang bisa kamu lakukan untuk mengikuti tes SAT. Tidak hanya mengetahui materi apa saja yang diujikan. Kamu juga harus mengetahui tips, sistem penilaian, sampai dengan nilai rata-rata yang diterima disalah satu universitas luar negeri. Itu semua akan dibahas pada artikel ini.

10 Tips Pada Tes SAT Untuk Meningkatkan Esai

10 Tips Pada SAT Untuk Meningkatkan Esai

Bagian SAT Essay adalah bagian opsional dari ujian ini. Tetapi banyak siswa memutuskan untuk menulis esai. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa universitas yang mensyaratankan esai pada Tes SAT.

Kamu bisa menggunakan 10 tips ini untuk meningkatkan nilai esai pada SAT. Buatlah penguji terkesan dengan tulisan kamu. Kamu bisa mencoba tips ini saat melakukan SAT preparation :

  1. Buatlah Garis Besar Tulisan

Garis besar pada suatu tulisan mencakup pengantar, tubuh dan kesimpulan. Tulisan esai yang baik yaitu dimulai dengan membuat garis besar.

Garis besar tersebut berisi mengenai poin, rincian, dan elemen lain yang ingin kamu sertakan. Saat melakukan penulisan, kamu bisa berpaku pada garis besar. Sehingga memastikan bahwa esai yang kamu tulisankan terstuktur dan lengkap.

Membuat garis besar memang membutuhkan waktu, tetapi dengan membuat garis besar akan mengurangi atau menghilangkan revisi pada esai yang kamu buat.

  1. Menganalisis Prompt Penulisan

Pasti ada diantara kamu yang membaca tugas esai lalu langsung menuliskannya. Hal tersebut merupakan kesalahan yang tidak disadari. Seharuskan kamu mencari dan mengevaluasi tulisan penulis pada Tes SAT baru menuliskan argument kamu.

  1. Fokus pada Beberapa Poin Argumen yang Signifikan.

Tips ini akan paling membantu kamu dalam pembuatan esai SAT. lebih baik kamu hanya berfokus pada beberapa point penting saja, hal tersebut dapat menunjukkan kemampuan kamu untuk menganalisis dalam esai.

Selain itu, dengan fokus terhadap point penting, pembahasan yang kamu tuliskan akan menyeluruh dan jauh lebih efektif dibandingkan mencoba berfokus pada keseluruhan penulisan.

  1. Perluas Kosa kata

Kamu harus  rajin untuk mempelajari kosa kata baru. Kamu bisa mempelajarinya dari sains, berita dan sastra ataupun beberapa sumber bagus yang kamu temukan. Jika kamu menemukan belasan kata baru, cobalah gunakan kata-kata tersebut pada percakapan sehari-hari.

Cara lain untuk menghafal kosa kata adalah dengan bermain games, cara ini dapat membuat kamu lebih seru dalam menghafal. Tapi lebih idealnya kamu menghafal yang sesuai dengan kejelasan dan kata-kata yang sering muncul pada tes SAT Jakarta.

  1. Berjuang untuk Kuantitas dan Kualitas dalam Essai

Saat kamu melatih keterampilan menulis esai, ingatlah kamu harus memiliki tulisan yang berkualitas dan kuantitas. Sebagai aturan, dibutuhkan sekitar satu sampai dua halaman tertulis untuk sepenuhnya menjelaskan bagaimana seorang penulis mendukung klaim mereka.

  1. Sertakan Pernyataan Tesis yang Kuat dalam Pendahuluan esai

Dalam esai yang kamu buat, kamu harus mengungkapkan argument yang penulis tuliskan dan elemen persuasive yang digunakan oleh penulis.

Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan contoh spesifik dari perangkat persuasif penulis. Saat kamu membuat pernyataan yang kuat dan jelas, kamu menunjukkan bahwa kamu memahami argumen penulis dan mengenali elemen persuasif.

  1. Perdalam Grammar, Ejaan, dan Tanda Baca untuk meningkatkan Keterampilan

Ini adalah salah satu tips pada SAT preparation yang paling sederhana untuk diikuti. Bila kamu menggunakan tata bahasa yang benar serta ejaan dan tanda baca yang benar, itu akan menambah kualitas esai yang kamu tulis. Ingatlah bahwa kesalahan sekecil apapun bisa mengurangi nilai esai pada tes SAT.

  1. Menulis Dengan Objektivitas

Kemungkinan bagus bahwa kamu akan memiliki pendapat mengenai topik yang dibahas dalam esai penulis. Tapi tugas kamu sebenarnya adalah untuk mengevaluasi argumen persuasif penulis, tidak menyatakan pendapat pada topik yang diberikan.

  1. Tuliskan yang Spesifik

Semua materi yang kamu butuhkan untuk esai dapat ditemukan di bagian penulis. Bila kamu menunjukkan rincian spesifik berarti kamu menunjukkan kemampuan untuk menganalisis argumen secara efektif.

  1. Memperhatikan Tulisan Tangan

Kualitas tulisan tangan mungkin tidak masuk ke dalam pikiran kamu saat mempersiapkan esai SAT preparation, tapi jika penguji sulit mengartikan tulisan tangan seorang siswa, kemungkinan besar mereka tidak akan menganggap esai orang itu sebagai pertimbangan.

Baca Juga : Tips English Bridge SAT Preparation Jakarta Untuk SAT

 

Nilai Rata-Rata Tes SAT Di Universitas Princeton

 

Tips Tes SAT Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Persiapanmu

Siswa SMA yang bermimpi memperoleh gelar dari Princeton University memiliki banyak langkah untuk dilakukan agar impian itu menjadi kenyataan. Siswa yang mendaftar ke Princeton harus memenuhi berbagai persyaratan akademis. Salah satu persyaratan tersebut adalah skor yang relatif tinggi pada SAT preparation.

Pelajari tentang nilai rata-rata tes SAT untuk siswa Princeton. Selain itu, cari tahu bagaimana siswa SMA dapat meraih nilai terbaiknya dalam ujian penting ini. Ketika melihat siswa diterima di Princeton, nilai rata-rata SAT berkisar sekitar 2250 untuk versi lama SAT (skor rata-rata untuk versi baru SAT mungkin sekitar 1520, sekolah tersebut belum mengungkapkan hal ini).

Skor tersebut menempatkan seorang siswa di persentil 99 dari peserta tes. Sekali lagi, skor ini didasarkan pada sistem penilaian SAT saat ini, nilai tertinggi yang dapat diperoleh siswa pada versi SAT saat ini adalah 1600.

Ketika sampai pada penerimaan ke Princeton University, Hasil tes SAT mendapat perhatian tersendiri bagi petugas penguji. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan SAT dan mendapatkan skor yang mengesankan.

Kamu bisa melakukan tes latihan. Kamu dapat menentukan subyek mana yang mereka perlukan untuk mengerjakannya dengan memeriksa hasil tes latihan.

Ini adalah cara yang efektif bagi kamu untuk mencapai skor yang sesuai agar percaya diri mendaftar ke Princeton University. Skor rata-rata tes SAT untuk siswa Princeton tinggi tetapi dapat dicapai dengan studi yang terus-menerus dan terfokus.

Kamu bisa mengkuti SAT Preparation Jakarta di English Bridge. English Bridge menawarkan program SAT preparation untuk membantu kamu mempersiapkan SAT. English Bridge menyadari bahwa untuk masuk pada beberapa universitas unggulan harus memiliki nilai SAT yang memadai.

Kursus persiapan English Bridge akan memberikan tips dan strategi uji coba yang dapat digunakan untuk menyederhanakan pertanyaan dan menunjukkan kekuatan kamu di setiap mata pelajaran pada SAT preparation.

Tentu saja, skor SAT 2250 (SAT lama) atau lebih tinggi adalah nilai tambah pada aplikasi yang diajukan ke Princeton University. Tapi nilai SAT siswa hanya salah satu dari banyak hal yang dipertimbangkan oleh petugas penerimaan.

Mereka juga melihat nilai siswa di sekolah menengah atas dan juga jenis kelas yang diambil oleh individu. Apakah seorang siswa mengambil kursus lanjutan di SMA. Jika demikian, ini menunjukkan keingintahuan intelektual siswa dan kemauan untuk mendorong keterampilan diri.

Esai aplikasi pendaftaran masuk universitas adalah elemen lain yang memiliki banyak bobot penilaian bagi petugas penerimaan. Sebenarnya, esai akan memberikan wawasan kepada para pejabat tentang karakter dan motivasi siswa yang mendaftar.

Hal ini memungkinkan petugas penerimaan melihat orang di belakang nilai ujian dan transkrip. Kegiatan ekstrakurikuler dan surat rekomendasi juga berperan dalam proses evaluasi. Petugas penerimaan Princeton University ingin mengisi kampusnya dengan orang-orang yang ingin meraih prestasi tinggi.

Bagi kamu yang ingin mendaftar ke Princeton Universitas, persyaratan SAT preparation bisa tampak menakutkan. Tentu, siswa ambisius ingin melakukan semua yang mereka bisa untuk memenuhi standar akademik yang ditetapkan oleh petugas penerimaan di Princeton University.

Tes subjek SAT juga menjadi pertimbangan bagi siswa SMA yang ingin mendaftar ke universitas bergengsi ini. Petugas penerimaan di Princeton merekomendasikan agar pelamar mengambil dua tes subjek SAT.

Siswa yang menginginkan bantuan mempersiapkan SAT serta tes subjek SAT bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan dari tim instruktur berbakat English Bridge. Hubungi English Bridge hari ini dan biarkan kami membantu kamu mempersiapkan dan menguasai SAT.

Terkadang diantara kamu, ada yang masih bingung untuk memutuskan mengambil tes SAT ataupun ACT karena keduanya memiliki materi yang berbeda. Agar kamu bisa memilih dengan baik sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki, cobalah untuk membaca artikel ini sehingga kamu bisa memilih keputusan yang tepat antara SAT preparation dan ACT.

Baca Juga : Yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk SAT Test Jakarta 

 

Memilih Tes SAT atau ACT, Tes Mana Yang tepat?

 

Cara Memutuskan Mengikuti SAT atau ACT

Kamu harus bisa memutuskan untuk memilih tes yang akan dijalani, karena tes yang akan kamu pilih bakal membawa perubahan dan pengalaman yang berbeda pada saat kuliah.

Menjalankan ujian dengan subjek yang kamu sukai dan nyaman pada keterampilan yang diujikan dan berusaha dengan kekuatan sendiri, akan mengurangi beban belajar dan meningkatkan kemampuan kamu. Kemungkinan besar skor juga akan meningkat.

SAT dan ACT secara struktural dan fungsional merupakan tes yang sama saja, tetapi isinya berbeda secara signifikan yang dapat digunakan untuk keuntungan siswa. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih antara ACT dan SAT:

  • Kesamaan Antara Tes SAT dan ACT

Mari kita mulai membahasnya dengan kesamaan yang dimiliki SAT dengan ACT. Waktu pengerjaan untuk keduanya memiliki kesamaan dan pilihan tes yang sama populernya di Amerika Serikat.

Kedua tes ini membutuhkan keterampilan kualitatif dan kuantitatif, dan masing-masing memiliki empat bagian ditambah esai opsional. Kamu diperbolehkan memilih antara kedua tes ini karena semua perguruan tinggi di Amerika Serikat akan menerima nilai pada kedua tes tersebut.

  • Perbedaan Antara Tes SAT dan ACT

Perbedaan utama antara SAT dan ACT adalah konten kedua tes tersebut. Pilihlah ujian yang menguji kemampuan terkuat yang kamu miliki.

Tes SAT lebih berorientasi secara kualitatif karena memiliki bagian Membaca, Menulis, dan Matematika, sementara ACT lebih berorientasi kuantitatif karena memiliki bagian Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan.

Bagian bahasa Inggris ACT cenderung lebih mudah dibaca dari pada bagian SAT Reading, namun ACT Math biasanya berisi lebih banyak pertanyaan trigonometri dari pada SAT Math.

ACT juga mencakup bagian sains, walaupun pertanyaan ACT Science berfokus pada kemampuan siswa untuk memahami dan mengevaluasi informasi ilmiah dan hipotesis yang ada, dan bukan pada pengetahuan ilmiahnya di luar pengetahuannya.

Kamu tidak perlu mengingat semua yang dipelajari di kelas Biologi, Kimia, atau Fisika untuk ujian ini, namun kamu perlu mengetahui bagaimana memahami konsep-konsep tersebut saat mereka menjelaskan kepada kamu dengan menggunakan kosa kata ilmiah yang umum.

  • Esai Pilihan

Kedua tes ini sama-sama memberikan porsi opsional pada tes esai, namun bentuknya sangat berbeda. Esai ACT meminta kamu untuk mengevaluasi dan menganalisis masalah yang kompleks.

Kamu akan diberi tiga perspektif tentang pertanyaan duniawi yang relevan seperti implikasi otomatisasi untuk sejarah dan meminta untuk mendiskusikan perspektif diri sendiri mengenai masalah tersbeut. Relatifnya kamu harus memberikan satu perspektif pada esai yang kamu tuliskan.

Esai ACT lebih menyukai logika, debat, dan keterampilan diskusi yang kuat. Penguji tes juga diminta untuk menggunakan penalaran dan contoh di luar untuk mendukung argument mereka, jadi pengetahuan tentang sejarah, literatur, dan ejadian terkini bisa sangat berguna.

Esai Tes SAT di lain pihak, menguji pemahaman teks. Tes SAT merupakan pilihan tepat bagi kamu yang memiliki pemahaman bacaan, interpretasi, dan keterampilan analisis kritis yang kuat.

Penguji diberi sebuah bagian untuk dibaca dan diminta untuk memeriksa penggunaan bukti, penalaran, dan elemen penutur atau persuasif penulis.

Esai pada SAT biasanya mencakup referensi yang kuat dan penjelasan konsep sastra seperti kiasan, bahasa retoris, dan anekdot, sehingga pengetahuan yang kuat tentang komponen dan konsep sastra Inggris juga sangat bermanfaat.

Baca Juga : Apa Saja Yang Perlu Kamu Ketahui Dari SAT Test?

 

Cara Memutuskan Untuk Memilih Tes SAT atau ACT

 

Cara terbaik untuk menentukan tes mana yang lebih baik untuk kamu pilih adalah dengan mengambil setidaknya satu tes latihan ACT resmi dan setidaknya satu tes latihan resmi SAT.

Kamu harus memastikan bahwa tes yang kamu ambil merupakan tes secara resmi bukan sesi latihan yang mewakili hal yang sebenarnya. Karena jika kamu hanya menggunakan tes praktik, kamu tidak akan mengetahui kemampuan kamu yang sebenarnya.

Jika kamu masih tidak dapat memutuskan antara dua tes tersebut, tenang saja kamu tidak akan mendapatkan hukuman walaupun memilih salah satunya ataupun keduanya.

Tes SAT dan ACT dioperasikan oleh berbeda organisasi, sehingga melaporkan nilai SAT ke perguruan tinggi tidak akan secara otomatis mengirimkan nilai ACT kepada perguruan tinggi yang sama dan begitu juga sebaliknya.

Jika kamu mengikuti kedua tes tersebut, kamu dapat memilih untuk mengajukan skor hanya untuk satu ujian saja. Kamu bisa memilih ujian mana yang akan kamu kirimkan kepada universitas tujuan.

Tapi perlu diingat, beberapa perguruan tinggi mengharuskan kamu untuk mengirimkan semua nilai yang diterima dari setiap ujian, jadi jika kamu resmi memilih tes SAT, harus harus melaporkan ketiga nilai tersebut, bukan hanya jawaban terbaik.

Ada baiknya kamu hanya mencurahkan energy untuk satu tes dari keduanya. Karena kamu tidak menjalankan keduanya, terlepas dari biaya tes dan waktu ujian yang dihabiskan, tidak ada biaya untuk mengikuti kedua ujian.

Cobalah memahami diri kamu kan memilih tes yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kamu harus sudah mulai melakukan persiapan sejak SMA.

Kamu bisa mengikuti program SAT preparation di English Bridge, untuk mempersiapkan Tes SAT. Kamu akan dibimbing oleh native teacher terbaik di Jakarta. Tunggu apalagi, daftarkan diri kamu dan dapatkan konsultasi secara gratis di nomor WhatsApp 0812 100 600 75 atau 021 – 300 297 89.