Artikel sebelumnya membahas mengenai TOEIC speaking and writing. Diartikel ini, kita akan membahas mengenai tes TOEIC reading dan listening. TOEIC tes akan menggabungkan antara kedua tes membaca serta mendengarkan. Agar kamu lebih paham tentang TOEIC reading dan listening, kita pastikan dulu supaya kamu memahami apa itu TOEIC.

TOEIC akan menguji kemampuan memahami tulisan serta percakapan yang berhubungan dengan suatu pekerjaan dalam bahasa inggris lisan dan tulisan. Format tes TOEIC merupakan pilihan ganda. Kamu akan mengisi jawaban dikertas menggunakan pensil. Kamu harus menjawab dua bagian soal yaitu bagian membaca 100 soal dan bagian mendengarkan 100 soal.

6 Langkah Menghadapi Tes TOEIC Listening

Kamu diberikan waktu 2,5 jam untuk menyelesaikan semua tes. Untuk bagian membaca kamu diberikan waktu lebih lama yaitu 75 menit dan untuk bagian mendengarkan kamu hanya diberikan waktu 45 menit. Sisa 30 menit untuk menjawab pertanyaan mengenai diri kamu.

Skor yang akan diberikan berkisar antara 10 – 990. Di bagian membaca dan mendengarkan kamu bisa mendapatkan masing-masing 5 – 495 poin dan kemudian kedua nilai tersebut ditambahkan bersama untuk skor akhir.

Skor yang sangat bagus adalah skor diatas 785. Mencapai nilai diatas 550 merupakan dambaan banyak orang. Biaya untuk mendaftar TOEIC tes adalah $ 75 – $ 85 USD. Untuk biaya ujian, biasanya tergantung pada kurs yang berlaku di masing-masing Negara.

Untuk mengambil Kursus TOEIC Preparation Jakarta, kamu bisa mengubungi Westwood Prep yang merupakan tempat Test Preparation terbaik di Jakarta. Disini kamu akan belajar mengenai TOEIC secara mendalam untuk mencapai skor yang terbaik.

Pada format pertanyaan tes TOEIC disesi listening, kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai foto, tanya-jawab, percakapan dan pembicaraan singkat.

Sesi Kedua adalah membaca, kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai kalimat tidak lengkap, kesalahan pengenalan atau penyelesaian teks dan pemahaman membaca.

Tes TOEIC pada bagian mendengarkan waktunya sangat cepat. Kamu harus fokus selama mendengarkan karena tidak ada pengulangan untuk mendengar dan pembicaraan pada audio sangat cepat.

Biasanya orang-orang selalu berlatih lebih pada bagian mendengarkan. Tapi kamu harus berlatih juga untuk bagian membaca. Meskipun tidak ada esai untuk ditulis, beberapa pertanyaan akan menguji tata bahasa dan kosa kata yang kamu miliki.

Beberapa pertanyaan membaca akan menggunakan banyak metode komunikasi bisnis yang berbeda (seperti email, buletin, dll.) Yang saling terhubung. Ini akan menguji kemampuan kamu untuk menemukan, mengumpulkan dan memahami informasi dari sumber yang berbeda.

 

Berikut ini Tips Untuk Mempersiapkan Tes TOEIC

 

  1. Evaluasi kemampuan yang kamu dimiliki

Cara terbaik untuk memulai belajar tes TOEIC adalah dengan mengukur kemampuan yang kamu miliki. Kamu bisa mencoba mendownload buku panduan TOEIC dan mengerjakannya.

Coba kamu membandingkan antara hasil reading dengan listening. Apakah kamu sudah melakukan yang terbaik untuk keduanya.Cobalah memeriksa kunci jawaban yang ada dan temukan dimana letak kesalahan yang kamu lakukan.

Dengan mengecek secara sesama, kamu akan memahami kesalahan yang dilakukan dan mencoba untuk tidak mengulanginya lagi.

Kamu juga bisa mendapatkan soal secara gratis pada halaman Facebook TOEIC. Setiap minggu, mereka mempublikasikan tips untuk mempersiapkan ujian, bersama dengan contoh pertanyaan dan kunci jawaban.

  1. Selalu berlatih mengerjakan soal tes TOEIC

Dengan terus berlatih mengerjakan soal, terbukti menghasilkan hasil yang maksimal. Biasanya setelah kedua kali kamu melakukan sesuatu, hasil yang didapatkan akan lebih baik.

Dengan melakukan tes yang kedua kalinya dan kemudian lakukan yang serupa beberapa saat kemudian. Kemungkinan hasil yang kamu dapatkan akan semakin bagus, karena kamu sudah terbiasa dengan teknik TOEIC.

Metode belajar yang baik adalah dengan menggunakan banyak pertanyaan tertulis dan audio yang mimiliki kunci jawaban dan penjelasannya. Dengan terus berlatih dan belajar dengan tekun akan merubah skor TOEIC yang akan kamu dapatkan.

 

6 Langkah Menghadapi Tes TOEIC Reading dan Listening

 

  1. Belajar TOEIC menjadi lebih menyenangkan

Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik skor yang akan didapatkan. Semakin rajin kamu berlatih, semakin mudah semuanya. Kamu akan berlatih lebih semangat jika segala sesuatunya lebih menarik untuk dikerjakan.

Tidak apa-apa menghabiskan waktu belajar tanpa tes latihan. Terutama saat belajar dengan melibatkan menonton acara TV dalam bahasa Inggris dan mencoba memahami apa yang sedang terjadi.

Kamu bisa belajar dari siaran TV favorit tetapi lebih baik kamu harus memastikan terlebih dahulu siaran TV tersebut memiliki adegan terkait pekerjaan atau tidak serta cobalah menonton siaran TV dengan tidak menggunakan subtitle.

Setelah kamu sudah merasa nyaman tanpa menggunakan subtitle, kamu juga bisa memahami percakapan di acara TV tersebut, kamu bisa mencoba mendengarkan atau streaming radio bahasa inggris.

Streaming radio bahasa inggris dapat membantu kamu belajar listening seperti sebenernarnya, saat tes TOEIC berlangsung. Tidak ada gambar, kamu hanya mendengarkan audio.

  1. Carilah jawaban terbaik bukan jawaban benar pada tes TOEIC

Kamu tau tidak apa perbedaan antara “jawaban yang benar” dengan “jawaban terbaik”? Jawaban yang benar biasanya berarti hanya ada satu jawaban yang benar dan semua pilihan lainnya salah.

Berbeda dengan jawaban terbaik. Didalam jawaban terbaik mungkin ada beberapa jawaban yang benar tapi jawaban yang terbaik akan selalu didukung dengan fakta-fakta yang ditemukan pada soal ujian.

Tugas kamu yang terpenting yaitu mencari tahu jawaban yang terbaik. Seperti yang sudah disingguh diatas bahwa jawaban yang terbaik berdasarkan apa yang pernah kamu dengar, baca atau lihat. Mulai sekarang cobalah untuk menyebutnya sebagai konteks.

Jadi bagaimana cara kerjanya? Seringkali tes TOEIC akan meminta kamu untuk menyimpulkan sesuatu dari percakapan atau rantai dokumen bacaan.

Untuk menyimpulkannya berarti kamu harus menyederhanakan bacaan tersebut untuk memperoleh dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta dan penalaran bukan pendapat pribadi.

Yang perlu diingat, kamu harus menyimpulkan bukan menebak. Kamu harus memiliki fakta dan alasan untuk mendukung jawaban tersebut.

Jadi, ketika tes TOEIC menanyakan apa yang dapat kamu simpulkan dari percakapan, kamu harus menemukan setidaknya dua petunjuk yang valid dalam teks atau percakapan tersebut.

Cara yang bagus untuk berlatih melakukan teknik ini adalah dengan bertanya pada diri sendiri mengapa masing-masing jawaban lainnya tidak sebaik yang terbaik. Melakukan teknik ini awalnya sulit, tapi dengan terus dilatih akan terasa mudah.

6 Langkah Menghadapi Tes TOEIC Reading

 

  1. Mencari petunjuk untuk meyakinkan jawaban

Pada tes TOEIC dapat dipastikan akan banyak jawaban yang membuat kamu bingung, kamu harus mencari petunjuk yang tepat jika ingin menemukan jawaban yang terbaik. Berikut ini contoh dalam bahasa Indonesia:

Joey memperhatikan bahwa raut wajah Chandler tidak begitu bahagia. Joey khawatir bahwa kepindahannya akan meninggalkan Chandler tanpa teman sekamar. Inilah dialog di antara mereka berdua:

Joey : Hei, apa kamu baik-baik saja aku tinggalkan? Maksudku, aku tidak ingin meninggalkanmu tinggi dan kering.

Chandler: Tidak, saya tidak pernah lebih rendah atau lebih basah. Saya akan baik-baik saja. Aku akan mengubah kamar tidurmu menjadi ruang permainan.

Untuk mengetahui apa artinya, mari kita lihat apa yang bisa dsimpulkan dari percakapan diatas. Jadi manakah dari berikut yang bisa disimpulkan dengan benar dari teks dialog di atas?

  • Chandler takut akan mengalami variasi temperatur yang tinggi.
  • Joey prihatin karena dia meninggalkan Chandler tanpa teman sekamar.
  • Joey benar-benar lamban mengemasi barangnya.
  • Chandler hendak mencari teman sekamar lainnya.
  • Joey akan mendapatkan lebih banyak tanggal.

Begini penjelasannya :

  • Bukan pilihan yang baik karena kita tahu bahwa kita sedang melihat sebuah idiom, bukan arti sebenarnya dari kata-kata itu.
  • Tidak baik karena tidak ada teks atau dialog yang mengatakan bahwa Joey sedang berkemas.
  • Mungkin menjadi kenyataan dalam episode berikutnya, tapi jika kamu hanya melihat apa yang diketahui, tidak ada yang mengatakan bahwa Chandler sudah memikirkan untuk mencari teman sekamar yang lain. Sebenarnya, Chandler mengatakan akan mengubah kamar Joey menjadi ruang permainan.
  • Meski tinggal sendirian di sebuah apartemen yang lebih besar dapat membantu memperbaiki kehidupan cinta, itu hanya akan menjadi tebakan. Teks itu tidak pernah menyebutkan kehidupan kencan Joey.

Jadi jawaban terbaik adalah Joey perihatin karena dia meninggalkan Chandler tanpa teman sekamar. Mengapa itu jawaban terbaik?

Teks tersebut mengatakan bahwa Joey khawatir merupakan sinonim dari perihatin dan didalam dialog tersebut, Joey bertanya kepada Chandler apakah dia baik-baik saja dengan kepindahan Joey. Jadi dari contoh ini, kita dapat menyimpulkan tiga hal:

  • Paling penting adalah apa yang sebenarnya ditulis atau dikatakan dalam materi ujian.
  • Kamu tidak perlu tahu semua kata dan idiom untuk memahami percakapan jika nantinya akan diberi konteksnya. Karena tes TOEIC akan selalu memberi tahu konteks masalahnya, jika kamu menemukan kata atau ungkapan yang tidak dimengerti, jangan panic dan jangan main asal tebak, cobalah untuk mencari petunjuk.
  • Joey khawatir dia akan melakukan ini pada Chandler saat dia pindah, karena Chandler akan berada dalam situasi yang sulit. Siapa yang akan membantu membayar sewa? Di mana Chandler akan mencari teman sekamar baru?

Kamu harus ingat, untuk hanya menggunakan informasi yang ada dalam teks bacaan dalam ujian. Di situlah kamu bisa mencari petunjuk yang bermanfaat dan menemukan jawaban yang sebenarnya.

  1. Lebih Teliti dengan Kata-kata yang Hampir Sama

Tes TOEIC akan mencoba mengelabui jawaban yang akan kamu pilih. Mungkin meminta kamu untuk memilih kalimat yang benar secara tata bahasa dari daftar pilihan yang memungkinkan. Ada dua hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kamu tidak terjebak:

  • Biasakan mendengarkan atau membaca kata-kata yang terdengar serupa sebelum ujian. Kamu bisa mulai dengan membuat daftar kata-kata yang terdengar serupa, lalu beralih ke daftar istilah bisnis yang disertakan dengan rekaman pengucapan untuk setiap kata.

Tes TOEIC lebih mudah dilakukan saat kamu terbiasa dengan banyak kata yang berhubungan dengan pekerjaan.Jika kamu tidak punya banyak waktu, kamu bisa fokus pada kata-kata yang paling sering muncul dalam ujian saja.

  • Bergantung pada kata-kata yang kamu sudah tahu pasti. Gunakan mereka untuk mengetahui arti keseluruhan dari kalimat tersebut.

Kamu ingin mengikuti tes TOEIC? Sedang mencari kelas persiapan TOEIC? Cobalah bergabung bersama Westwood Prep, kamu akan diajarkan dengan Native teacher berpengalaman, yang akan membimbing mu mendapatkan skor tinggi. Untuk konsultasi secara gratis, kamu bisa menghubungi dinomor whatsapp 0812 100 600 75 atau 021 – 300 297 89 .