Buku merupakan jendela dunia. Buku juga dapat menentukan keberhasilan kamu untuk meraih skor tinggi. Menggunakan buku TOEFL terbaik yang sesuai pasti akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Saat kamu ingin membeli buku, pasti sangat sulit untuk membedakan mana buku yang berkualitas dan yang biasa-biasa saja atau tidak terlalu lengkap.

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui buku apa saja yang laris dipasaran karena memiliki materi yang komplit. Selain itu, artikel ini juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih buku yang bagus untuk membantu preparation TOEFL.

Kamu pasti bertanya kenapa buku-buku tersebut banyak yang menggunakan?. Kami akan mengulas lengkap tentang buku TOEFL terbaik yang banyak digunakan pada tahun 2016-2017.

Dalam setiap tes standar apapun, materi praktek resmi merupakan materi yang terbaik. Tidak ada orang lain ataupun perusahaan tertentu yang bisa membuat latihan sama persis seperti pada tes sesungguhnya. Dibawah ini beberapa buku tes praktik terbaik yang bisa kamu gunakan:

1.Buku TOEFL Terbaik : Official TOEFL iBT Tests, Volume 2

Official TOEFL iBT Tests, Volume 2

Buku ini bisa dibilang sebagai buku yang lumayan lengkap yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Buku ini juga termasuk murah dibandingkan dengan yang lainnya.

Yang sangat disayangkan, buku ini tidak menyertakan pertanyaan latihan ekstra dan tidak ada bab tambahan yang memberikan informasi tambahan tentang tes tersebut. Hanya ada tes dan kunci jawaban.

Buku ini baru dirilis 2016, bisa dibilang walaupun terbitan baru buku resmi ini lumayan lengkap dibandingkan buku-buku terbitan baru lainnya. Buku yang seharusnya digunakan untuk latihan tes adalah buku keluaran 2009 dan 2012.

Bisa jadi buku ini akan menjadi pilihan banyak orang karena memiliki Pratik soal terbaik tetapi jika kamu ingin membandingkan isi bukunya seperti adanya latihan ekstra disetiap bab terakhir ataupun panduan resmi mengenai TOEFL, kamu tidak akan menemukannya dibuku ini.

2.Buku TOEFL Terbaik : Official TOEFL iBT Tests, Volume 1, 2nd Edition

Official TOEFL iBT Tests, Volume 1, 2nd Edition, mungkin kamu agak kebingungan membaca judul buku ini. Yang harus kamu ketahui, buku ini bukan volume kedua tes TOEFL IBT Resmi. Buku ini adalah volume pertama dari 5 tes TOEFL yang diterbitkan pada tahun 2012. Versi kedua yang lebih baru dari Vol. 1 dirilis pada tahun 2015.

Buku ini masih memiliki tes latihan yang sama persis seperti sebelumnya. Tapi ada satu perbedaan penting pada edisi kedua ini yaitu dilengkapi dengan software latihan TOEFL.

Satu-satunya perbedaan antara Vol. 1 dan Vol. 2 adalah tes Volume 1 lebih menyajikan soal-soal lama. Selain itu, kedua buku memiliki format yang sama persis, hanya tes yang berbeda.

3.Buku TOEFL Terbaik : The Official Guide to the TOEFL Test

Buku TOEFL ini bisa dibilang paling bagus karena didalam buku ini mendeskripsikan mengenal TOEFL iBT secara lengkap, terdapa juga latihan-latihan setiap ujung bab nya dan yang paling menyenangkan ada tes latihan tambahan di CD yang diberikan saat membeli buku ini.

Walaupun buku ini paling bagus, buku ini bisa dibilang kurang sempurna. Seperti, tidak banyaknya soal Pratik untuk beberapa jenis pertanyaan contonya saja speaking, soal-soal tes latihan tambahan sudah terlalu lama atau belum diperbaharui.

Walaupun begitu, dengan membeli buku-buku ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan tes latihan secara realistis dengan harga yang memadai atau terbilang murah.

Setelah buku praktik TOEFL, terdapat buku Best Skill Building yang sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Ketika berbicara mengenai “pengembangan keterampilan,” pasti akan mengacu pada latihan yang berfokus pada keterampilan seperti note-taking, paraphrasing, mencari informasi spesifik dalam teks besar, atau merencanakan sebuah esai.

Ada banyak keterampilan yang masuk dalam tes TOEFL yang tidak benar-benar dibahas dalam materi resmi pada saat tes, namun sangat penting dibahas jika kamu ingin mencapai skor tinggi pada ujian kemampuan bahasa ini. Berikut ini buku terbaik untuk pengembangan keterampilan :

1.Buku TOEFL Terbaik : Cambridge Preparation for the TOEFL Test

Cambridge Preparation for the TOEFL Test

Buku ini memiliki dua keunggulan yaitu terdapat tujuh tes full-length pada CD yang disertakan. CD yang disertakan bahkan lebih mirip dengan Software TOEFL yang sebenarnya dari pada perangkat lunak pada CD Panduan Resmi. Dalam buku ini ada ratusan halaman materi skill building.

Tidak ada buku lain yang berfokus pada keahlian khusus TOEFL seperti Cambridge. Contohnya seperti proses penulisan paragraf esai lengkap.

Dalam penulisan paragraf esai secara lengkap yang harus diperlukan, Pertama kamu memerlukan poin utama dalam penulisan dan di buku Cambridge memiliki latihan untuk itu.

Kemudian, kamu memerlukan penjelasan mengenai point utama, sebaiknya dengan rincian spesifik. Dibuku Cambridge juga memiliki latihan untuk itu.

Kemudian, kamu memerlukan transisi untuk detail lain. Tentu saja dibuku ini ada latihan untuk itu. Jika kamu memerlukan buka paduan lengkap maka kamu bisa memilih buku Cambridge.

Ada dua kekurangan yang terdapat dalam buku ini, yaitu beberapa materi latihan terlalu sulit dan tidak ditulis dengan baik. Kedua, agar kamu bisa menggunakan setengah dari skill-building, kamu perlu membeli 8 CD lengkap. Buku ini tidak memberi latihan Listening, selain dari apa yang ada tes latihan.

2.Buku TOEFL Terbaik : The Complete Guide to the TOEFL Test (iBT edition)

Bagi seorang siswa yang sedang belajar selama lebih dari sebulan dan membutuhkan latihan yang lebih memadai, buku Panduan Lengkap adalah cara tercepat untuk mendapatkan lebih banyak bahan praktik berkualitas tinggi dan materi pengembangan keterampilan yang baik.

Buku ini memang tidak murah, dan buku ini bisa sedikit sulit ditemukan, tetapi buku ini memiliki hampir semua buku pelajaran mandiri yang bagus.

Dalam buku ini banyak penjelasan strategi, latihan langkah demi langkah yang mudah dibaca, mudah dipahami, dan audio. Kekurang dari buku ini adalah tidak ada kunci jawaban, kamu harus membeli buku yang berbeda untuk kunci jawaban.

 

Buku Vocabulary dan Grammar Terbaik

 

Kosa kata dan Tata Bahasa untuk Tes TOEFL sangat diperlukan. Berikut ini beberapa buku yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari tata bahasa dan kosa kata, buku-buku tersebut juga memiliki latihan soal seperti pada tes TOEFL sesunggguhnya :

1.Buku TOEFL Terbaik : Oxford Preparation Course for the TOEFL iBT Exam

Oxford Preparation Course for the TOEFL iBT Exam

Buku ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengambil ujian TOEFL. Untuk mempelajari kosa kata dan tata bahasa dibandingkan dengan buku lain, buku persiapan dari Oxford adalah yang paling baik.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk juga dengan buku ini. Topik teks pada buku ini terlalu sering dihapus dari fokus akademis materi TOEFL otentik. Mereka sering topikal atau kontroversial, dan itu adalah dua kata sifat yang tidak menggambarkan iBT sebenarnya.

Bagusnya materi dalam buku ini bisa memicu percakapan, buku ini bisa menjadi teman terbaik dalam mempelajari bahasa inggris. Jika kamu ingin mempelajari bahasa inggris sekaligus dengan TOEFL kamu bisa menggunakan buku ini.

2.Buku TOEFL Terbaik : NorthStar Building Skills for the TOEFL iBT

Buku TOEFL Prep Oxford ini dirancang untuk untuk sejumlah tingkat bahasa inggris yang berbeda dengan edisi untuk siswa pemula, menengah, dan lanjutan.

NorthStar Building Skills for the TOEFL iBT diterbitkan oleh perusahaan Pearson Longman. Tapi seri ini juga disponsori oleh ETS, pembuat TOEFL. “In cooperation with ETS” dapat dilihat di sampul masing-masing edisi, dan NorthStar menggunakan daftar resmi TOEFL untuk kelas ETS .

Konten pengembangan keterampilan dalam buku ini sangat bagus. Aktivitas membaca dan mendengarkan membantu kamu memikirkan hal yang paling penting dengan perantara audio.

Kosa kata yang disorot juga sangat mirip TOEFL, dengan rentang kata bahasa Inggris yang baik, dan idiom TOEFL. Ada beberapa kegiatan berbicara dan menulis yang mengasikan yang membantu siswa meningkatkan kesiapan TOEFL mereka juga.

Seperti Oxford, NorthStar menyertakan materi yang tidak 100% seperti TOEFL. Sama juga dengan Oxford, Building Skills untuk TOEFL iBT memang termasuk konten yang lebih topikal atau kontroversial dari pada hal-hal pada ujian sesungguhnya.

Tetapi buku ini juga memiliki cukup banyak materi yang mencakup topik akademis yang sama dengan yang kamu lihat di ujian.

Kekurang buku TOEFL ini bisa kita lihat pada soal latihan. Seringkali, pertanyaannya terlalu mudah, dengan satu jawaban benar dan tiga yang jelas salah.

Pertanyaan tes TOEFL yang sebenarnya mengharuskan kamu untuk memikirkan lebih banyak jawaban mana yang benar dan mana yang salah. Paradoksnya, beberapa pertanyaan juga terlalu sulit, dengan pilihan jawaban “salah” yang sangat mendekati kebenaran.

Semua buku yang sudah kita tuliskan diatas adalah buku bagus untuk membantu kamu mempelajari bahasa Inggris akademis dan belajar dasar-dasar TOEFL, kamu bisa belajar sambil mengembangkan kemampuan bahasa Inggris yang sesungguhnya.

 

Tips Memilih Buku TOEFL Untuk Membantu Persiapanmu

 

Mungkin diantara kamu masih bingung bagaimana mencari buku yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini tips untuk memilih Buku TOEFL terbaik :

  1. Pilih buku sesuai tujuan

Tes TOEFL terdiri dari tiga macam sehingga kamu harus membeli buku sesuai dengan tujuan kamu. Misalnya kamu ingin mengikuti TOEFL ITP berarti yang harus kamu beli adalah buku untuk tes ITP begitu juga jika kamu ingin mengambil TOEFL iBT.

Jangan membeli buku yang sifatnya umum. Karen walaupun TOEFL iBT, ITP dan CBT merupakan sama-sama tes kemampuan bahasa inggris tapi metode yang digunakan pada setiap tes berbeda. Setiap tipe tes memiliki karakter soal yang berbeda dan waktu mengerjakan yang berbeda, jadi belilah buku yang spesifik.

  1. Pilih penulis dan penerbit bermutu di skala dunia

Sebelum kamu pergi membeli buku, cobalah untuk melakukan research terlebih dahulu mengenai buku terbaik. Kenapa harus skala dunia? Karena kualitas penulis dan penerbit akan sangat menentukan kualitas tulisannya.

Cobalah untuk memilih buku yang penulisnya telah lama berkecimpung di dunia bahasa khususnya dia sering membuat buku-buku TOEFL. Penulis yang berpengalaman akan mengetahui apa yang harus dikupas tuntas dalam bukunya.

  1. Jangan terjebak dengan tulisan “best seller”

Dipikiran seseorang buku yang terdapat tulisan best seller sudah pasti bagus padahal itu belum tentu terbukti. Terkadang tulisan best seller tidak sesuai dengan isinya dan masih banyak buku yang mengupas tuntas dibandingkan dengan buku “best seller”. Kamu harus lebih teliti.

  1. Telusuri daftar pusta buku TOEFL tersebut

Daftar pustaka yang dipakai oleh penulis akan memberikan informasi kepada kamu tentang seberapa banyak dan seberapa berkualitas si penulis mencari tahu tentang topik yang ditulisnya sebelum menulis.

Buku TOEFL terbaik bioasanya memiliki daftar pustaka yang banyak, berkualitas dalam artian tidak ngerangkum dari sumber tetapi menuliskan ulang apa yang penulis kutip.

Walaupun ada beberapa penulis yang hanya mengambil dari beberapa sumber saja tetapi menuliskan pembahasan secara komprehensif, itu juga termasuk buku TOEFL terbaik.

  1. Carilah buku TOEFL yang komprehensif membahas semua bagian dalam tes toefl

Ada yang berpendapat bahwa structure dan grammar merupakan bagian tersulit pada tes TOEFL. Jika kamu merasa bagian itu adalah tersulit, maka kamu harus belajar lebih pada bagian tersebut.

Tetapi jangan terlalu fokus pada bagian itu saja. Itu boleh saja menjadi fokus pembelajaran kamu tetapi tidak boleh melupakan dua bagian yang akan diujikan juga.

  1. Carilah buku yang section listening merupakan native speaker

Kamu harus memastikan bahwa buku tersebut benar-benar native speaker pada sesi listening. Karena dengan latihan listening dengan native speaker kamu pasti bakal memahami aksen, logat yang sesuai dengan tes aslinya.

  1. Carilah buku toefl yang ngasih banyak latihan ke kamu

Mungkin kamu sering membaca artikel yang berkata bahwa ujian TOEFL kuncinya adalah latihan, latihan dan latihan. Dengan banyak latihan kamu akan terus terbiasa dengan soal TOEFL.

  1. Waspadai jawaban soal dalam buku yang kamu beli

Ada penulis yang memberikan penjelasan mengapa jawaban A atau C dan ada juga penulis yang tidak menjelaskannya. Sebaiknya cari yang ngasih kamu penjelasan walau singkat.

Kenapa begitu? karena kadang kamu susah menemukan kesalahan yang kita lakukan, dengan ada jawaban tersebut kamu jadi bisa tau alasan kita salah seperti apa.

  1. Carilah buku yang menyajikan banyak soal

Selain buku yang membahas detail mengenai karakter soal toefl, disarankan kamu juga harus mencari buku yang hanya menyajikan kumpulan soal, buku tersebut penting buat latihan kamu sehari-hari.

Buku TOEFL yang mengupas detail mengenai tes TOEFL biasanya tidak memberikan banyak simulasi soal paling banyak hanya terdapat 3 atau 5 soal, kamu butuh latihan lebih dari itu.

Sembilan hal yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan saat ingin membeli buku TOEFL terbaik sudah kamu ketahui. Jika kamu sedang mencari kursus preparation untuk membantu meningkatkan skor? Cobalah menghubungi Westwood Prep.

Westwood Prep merupakan Tempat Kursus TOEFL terbaik di Jakarta. Kamu akan diajarkan oleh native teacher berpengalaman. Metode pengajaran yang diberikanpun sangat membantu kamu untuk mudah memahami soal TOEFL, kamu bisa menghubungi 0812 100 600 75 untuk konsultasi pendidikan.