Pada artikel ini, kita akan membahas lebih fokus pada TOEIC preparation speaking dan writing. Saat kamu mengambil tes TOEIC speaking pasti akan menjadi pengalaman yang menegangkan.

Kenapa menegangkan? Karena kamu akan melewati tes berbicara bahasa inggris yang mengharuskan kamu untuk berbicara secara fasih dan aktif untuk mendapatkan skor yang tinggi.

Tips TOEIC Preparation Untuk Speaking dan Writing

Akan menjadi tantangan tersendiri bagi kamu untuk berbicara bahasa inggris, karena kamu diharuskan melawan rasa takut untuk salah menggunakan tata bahasa. Kamu juga harus berkutik dengan kata-kata yang mengekpresikan pemikiran kamu.

Saat berbicara pasti kamu terbiasa dengan aksen lokal yang kamu miliki dan pasti memiliki ketakutan aksen tersebut bisa membuat kamu berhenti berbicara untuk mengucapkan kata-kata bahasa inggris dengan benar.

Jika kamu memiliki ketakutan seperti itu, berikut ini tips khusus yang bisa kamu gunakan saat melakukan TOEIC preparation dan dapat juga diterapkan pada saat tes :

  1. Belajar dengan guru berpengalaman

Belajar dengan guru yang berpengalaman untuk membantu TOEIC preparation merupakan keputusan yang benar. Saat kamu belajar dengan guru berpengalaman, dia dapat mengukur kemampuan kamu dan mengetahui kelemahan yang kamu miliki. Seorang guru dapat memberikan petunjuk atau memperbaiki gaya bahasa dan lafal kata yang kamu ucapankan.

Keuntungan lain belajar dengan guru, dia dapat memberikan kamu saran untuk menjawab pertanyaan dengan benar dan mengajarkan kamu berbicara yang sesuai.

Sangat penting untuk memilih guru yang berpengalaman, guru yang baik dalam TOEIC preparation akan mengoreksi kesalahan kamu dan menjelaskan kesalahan kamu serta memberitahu cara untuk menghindari melakukan kesalahan.

Guru yang baik juga akan memberikan masukan saran yang baik untuk muridnya, memberikan kamu pengetahuan untuk penggunaan kata yang baik, memantau kemajuan kamu, mencari cara untuk meningkatkan kemajuan berbicara kamu, memberikan strategi menjawab soal dan mencari solusi untuk pertanyaan yang sulit.

Kamu bisa mendapatkan guru yang berpengalaman dengan mengikuti TOEIC preparation di Westwood Prep. Tunggu apalagi, datang dan dapatkan guru yang berpengalaman untuk membantu mencapai skor terbaik TOEIC.

 

Baca Juga: 6 Langkah Menghadapi Tes TOEIC Reading dan Listening

 

  1. Mengikuti Kelas Review

Untuk mencapai sebuah penghasilan besar kamu harus belajar. Dengan bergabung dengan kelas TOEIC preparation speaking review merupakan salah satu cara efektif untuk melatih berbicara bahasa inggris.

Guru di kelas review akan memberikan kamu tips tentang apa yang harus kamu lakukan saat tes TOEIC speaking berlangsung.

Kesalahan yang banyak dilakukan dalam tes TOEIC speaking biasanya persoalan pengucapan kata dan aksen dalam bahasa inggris. Biasanya biaya untuk mengikuti kelas review TOEIC preparation akan lebih murah dibandingkan dengan kamu mengikuti kelas private one on one bersama guru berpengalaman.

Sebelum memasuki kelas review TOEIC preparation, kamu juga harus mengetahui karakter belajar kamu. Apakah kamu cocok belajar bersama di dalam kelas TOEIC atau hanya bisa belajar one on one bersama guru.

Keterampilan mengajar guru umumnya adalah pertimbangan yang paling penting saat menentukan belajar dengan guru atau mengikuti kelas review TOEIC speaking.

  1. Menetralkan Aksen Lokal

Aksen bahasa yang kamu miliki bisa mengganggu pengucapan dalam bahasa inggris dengan benar, itu bisa terjadi karena aksen bahasa kamu berbeda dengan deretan suara dalam bahasa inggris.

Kamu harus berusaha untuk menetralisir atau paling tidak mengurangi aksen bahasa lokal saat berbicara bahasa inggris. Memang sangat sulit dilakukan serta memiliki waktu yang lama dan tidak mungkin akan menghilangkan aksen lokal sepenuhnya pada saat tes berlangsung.

Kamu bisa mengantisispasi itu semua dengan melakukan latihan terus menerus berbicara bahasa inggris dengan aksen yang sebenarnya. Dengan melakukan latihan terus, akan lebih membantu kamu berbicara dalam bahasa inggris dengan aksen yang lebih mudah dipahami.

  1. Berbicara dengan jelas

Saat tes TOEIC speaking berlangsung, itulah saatnya kamu berbicara dengan jelas, kelas, dan percaya diri. Kamu sebagai seseorang yang sedang diuji, dilarang untuk berbicara dengan lembut dan samar.

Mungkin kamu mempunyai trik untuk berbicara tidak jelas dan serak untuk menyembunyikan kesalahan dalam berbicara, yang harus kamu tau hal tersebut tidak akan membantu. Pada kenyataannya hal seperti itu akan menyebabkan pengurangan skor yang akan kamu raih.

Tujuan kamu berbicara dengan jelas, keras dan percaya diri yaitu untuk membantu para penguji ETS agar memahami jawaban yang terekam pada saat kamu melaksanakan ujian.

Tips TOEIC Speaking dan Writing 2

  1. Berbicara secara perlahan

Dengan berbicara secara perlahan sesuai dengan intonasi saat ujian berbicara merupakan cara terbaik agar penguji tes mengerti apa yang sedang kamu bicarakan.

Biasanya aksen lokal yang kamu miliki akan membuat penguji agak sulit memahami gaya bahasa kamu sehingga kamu tidak diperbolehkan untuk berbicara cepat. Dengan kamu berbicara cepat, kamu berisiko disalahpahami pengucapan bahasa inggris oleh penguji.

Memang lebih baik, kamu berbicara secara secara perlahan dengan cara yang bisa dipahami. Dengan kamu selalu latihan, latihan dan latihan, kamu dapat berbicara bahasa inggris dengan mudah pada tes TOEIC.

  1. Fokus

Saat pelaksaan tes, bisa saja ruang ujian speaking sedikit berisik untuk beberapa orang karena ruangan dipenuhi peserta ujian. Saat tes, kamu akan berbicara menggunakan mikrofon. Jika ada sesuatu yang penting cobalah kamu catat agar tidak lupa.

Biasanya karena berbagai hal, banyak dari kamu yang sulit konsentrasi saat kamu berbicara di ruang ujian TOEIC speaking. Akibatnya, bisa saja kamu tidak mencatat jawaban terbaik yang sudah kamu ucapkan.

Sangat penting bagi kamu untuk selalu fokus. Untuk melatih fokus, cobalah kamu berlatih untuk berbicara bahasa inggris ditempat ramai dan berhatikan apakah kamu bisa fokus atau tidak. Jika tidak, berarti kamu harus banyak berlatih.

Tempat yang bisa kamu gunakan untuk menjadi tempat latihan adalah restoran, ruang keluarga, tempat TV, saat radio dinyalakan, ataupun stasiun kereta saat kamu pulang dan berangkat kerja. Tujuan latihan tersebut, agar kamu tetap fokus berbicara dengan jelas meski daerah sekitarnya berisik.

  1. Bicara Bahasa Inggris Baku

Hindari bahasa gaul atau bahasa sehari-hari saat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan penguji. Bahasa gaul tidak dimengerti oleh kebanyakan orang, termasuk penguji dari ETS.

Dengan mengucapkan bahasa gaul bisa saja jawaban yang kamu utarakan disalahpahami dan skor kamu bisa berkurang. Lebih baik kamu menggunakan bahasa inggris baku yang dipahami banyak orang.

  1. Pikirankan Grammar yang kamu ucapkan

Tata bahasa sangat penting untuk ujian ini. Kamu bisa menunjukkan kemampuan kamu dengan menyusun kalimat bahasa inggris yang tepat. Ada baiknya untuk mengurangi kesalahan, kamu dapat melihat peraturan tata bahasa secara menyeluruh sebelum mengikuti ujian TOEIC Speaking.

Jika di ibaratkan dalam bahasa Indonesia, kamu harus memahami kata kerja, kata benda, imbuhan dan tanda baca atau intonasi dalam berbicara.

  1. Pilihlah kata-kata dengan benar

Dengan menggunakan kata-kata yang umum pada saat tes speaking akan menunjukkan kosa kata bahasa inggris kamu yang minim. Jika begitu kamu harus belajar lebih banyak mengenai vocab.

Jangan menggunakan istilah yang sangat umum, contohnya bagus, cantik ataupun besar. Cobalah ganti kata itu menjadi keterampilan, sopan atau luar biasa. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan kata-kata secara tepat sesuai dengan ekspresi pemikiran kamu.

  1. Tambahkan intonasi suara

Saat sedang menjalankan tes speaking, hindari intonasi yang monoton. Monoton berarti kamu hanya menggunakan satu nada saat berbicara. Hal tersebut membuat kamu tidak bernyawa seperti robot. Gunakan intonasi suara agar lebih menarik penguji. Gunakan intonasi bahwa kamu yakin dengan jawaban itu.

Dengan memberikan jawaban sesuai dengan intonasi berbicara yang asik, kamu bisa membawa penguji masuk kedalam suasana menarik dengan mendengarkan jawabannya pada tes speaking.

 

TOEIC Preparation : Format Writing Yang Perlu Diketahui

 

Tips TOEIC Speaking dan Writing 1

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa tes TOEIC bertujuan untuk menilai kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki.

Yang harus kamu ketahui, format tes menulis TOEIC berisi 8 pertanyaan. Kamu akan diberikan waktu 60 menit untuk menyelesaikan tes menulis. Setiap pertanyaan yang diajukan bertujuan untuk mengukur aspek kemampuan menulis.

Jenis pertanyaan menulis pada tes TOEIC yang pertama adalah menuliskan kalimat berdasarkan gambar. Kamu akan ditugaskan menuliskan satu kalimat berdasarkan gambar yang telah disediakan. Nantinya kamu diberikan dua kata untuk setiap gambar. Bentuk kata dan pesan bisa diubah.

Jenis pertanyaan kedua yang akan kamu hadapi pada TOEIC preparation adalah menanggapi permintaan tertulis. Kamu diminta untuk menulis tanggapan mengenai suatu email. Kamu hanya diberikan waktu 10 menit untuk membaca dan menjawab email.

Jenis pertanyaan ketiga yang harus kamu hadapi adalah menulis esai pendapat. Kamu ditugaskan membuat esai untuk menanggapi tanggapan yang meminta kamu untuk menyatakan, menjelaskan dan mendukung pendapat mengenai sebuah isu.

Pasti kamu sering bertanya, siapa sebenarnya yang harus mengikuti TOEIC Writing Tes? Tes ini sangat bermanfaat untuk kamu dalam menggunakan bahasa inggris dalam mengatur dunia kerja sepeti bisnis, rumah sakit, hotel, konvensi, acara olahraga, pertemuan internasional, dll.

 

Tips TOEIC Preparation Writing Yang Bisa Kamu Coba

 

Kamu sedang mempersiapkan TOEIC? perbanyak pengetahuan dan latihan soal mengenai bahasa inggris sangat harus kamu lakukan untuk mendapatkan skor tinggi.

Lakukan persiapan yang matang akan membuat kamu lebih siap menghadapi tes. Beberapa tips ini bisa membantu kamu dalam TOEIC preparation writing:

  1. Kenali format tesnya

Yang paling penting kamu mengenal format tes ini seperti apa. Dengan mengetahui format tes, kamu akan mengetahui jenis pertanyaan yang akan muncul, mengetahui strategi apa yang akan digunakan, dengan begitu akan membantu kamu lebih tenang untuk menghadapi tes.

  1. Kembangkan strategi

Setelah mengetahui pertanyaan apa saja yang akan kamu hadapi, cobalah untuk kembangkan strategi untuk mengatasi semua jenis pertanyaan.

Saat berlatih, kamu akan mengetahui pertanyaan mana yang lebih banyak memerlukan waktu dan mana yang akan menghasilkan sedikit waktu. Dengan begitu kamu bisa mengatur waktu pengerjaan tes.

  1. Manajemen waktu

Setiap jenis pertanyaan memerlukan strategi yang berbeda untuk menyelesaikannya. Selama masa latihan, kamu dapat mengetahui pertanyaan mana yang memerlukan lebih banyak waktu dan mana yang kurang (seperti yang disebutkan di atas). Dengan demikian, kamu dapat mengatur waktu untuk berbagai jenis pertanyaan.

  1. Belajar untuk melakukan brainstorming

Brainstorming sangat penting dalam tes menulis TOEIC. Karena berbagai aspek kemampuan menulis kamu akan dinilai.

Karena itu kamu perlu melakukan brainstorming untuk mendapatkan ide atau topic yang sesuai dengan gambar untuk dituliskan menjadi esai. Ini juga bisa berguna untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif kamu untuk melewati tes ini.

  1. Ambil bantuan

Kamu bisa mendapatkan bantuan dari seseorang yang berpengalaman. Setelah menulis,kamu bisa meminta tolong agar tulisan yang kamu buat bisa diperiksa oleh orang yang berpengalaman atau terampil dalam bahasa inggris.

Carilah orang yang bisa membimbing kamu untuk bisa mengatasi masalah penulisan yang kamu buat dan bagaimana cara memperbaikinya agar tidak terulangi.

Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan menulis, belajar dari kesalahan untuk mencapai kesuksesan.

itulah yang kamu harus ketahui mengenai TOEIC speaking dan writing, semoga tips diatas bisa kamu terapkan sehingga bisa mencapai skor terbaikmu. Artikel selanjutkan, kita akan membahas TOEIC reading and listening.

Selain tips diatas, mengikuti kursus preparation TOEIC juga merupakan hal yang sangat wajib. Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa Westwood Prep merupakan tempat preparation terbaik di Jakarta.

Kursus persiapan TOEIC komprehensif di Westwood Prep mencakup tes latihan TOEIC, TOEIC eBooks, dan materi pembelajaran TOEIC gratis lainnya.

Westwood Prep telah mengembangkan kursus lengkap ini untuk memenuhi kebutuhan para pemikir dalam beragam keperluan dengan tujuan untuk bekerja di negara berbahasa Inggris.

Praktek rutin pada bahan persiapan TOEIC yang ditawarkan oleh Westwood Prep pasti akan mengembangkan keahlian kamu untuk tes ini.

Kamu bisa mencapai nilai tinggi dan memberikan representasi yang kuat terhadap kemampuan komunikasi yang dimiliki. Untuk mengetahui lebih banyak tentang bahan persiapan TOEIC, jangan ragu untuk menghubungi melalui nomor 0812 100 600 75 atau 021 – 300 297 89.