Apa kamu pernah mendengar mengenai TOEIC sebelumnya? TOEIC adalah Test of English for International Communication. Tes ini bertujuan untuk mengukur bahasa Inggris Proficiency yang dimiliki oleh seseorang.

Biasanya tes ini digunakan oleh perusahaan ataupun lembaga pendidikan setingkat dengan SMA yang bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris calon karyawan maupun siswa.

Tes ini tidak termasuk tes akademik, melainkan tes internasional untuk mengukur kemampuan mengenai vocabulary dan grammar. Sampai sekarang masih banyak yang belum mengetahui apa itu tes TOEIC terutama pada kalangan pelajar, mahasiswa maupun pekerja. Karena tes bahasa inggris yang terkenal adalah TOEFL.

 

TOEIC adalah Tes Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris

Sebagai contohnya, di Malang TOEIC hanya dikenal sebagai tes untuk anak SMK karena pemerintah Malang memperkenalkan TOEIC sebagai bekal bagi para lulusan SMK agar memiliki daya saing serta daya jual dalam dunia kerja.

Sedangkan di dunia perbankan, TOEIC lebih dulu dikenal dan dipakai sebagai persyaratan untuk promosi jabatan ataupun kenaikan jabatan baru.

Pasti diantara kalian banyak yang masih bingung kapan waktu yang pas untuk mengambil TOEIC. kamu harus memahami dulu bahwa tujuan TOEIC dengan TOEFL berbeda.

TOEIC adalah tipe tes bahasa inggris yang hanya mengukur kemampuan bahasa inggris kamu yang bekerja dalam lingkungan internasional dalam kesehariannya. Tujuan TOEIC adalah hanya untuk mengukur seberapa bisa kamu berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan orang lain dalam dunia bisnis.

Baca Juga: Materi TOEFL Dan Cara Mempelajari Grammar TOEFL

Biasanya TOEIC dibutuhkan oleh staf yang menggunakan Bahasa Inggris dalam berbagai lingkungan kerja seperti, bisnis, hotel, rumah sakit, restoran, pertemuan international, konfrensi dan program olahraga.

Selain itu juga yang membutuhkan TOEIC merupakan staf manajemen, sales, dan staf bagian teknik dalam bisnis international, perdagangan dan industri yang membutuhkan Bahasa Inggris dalam pekerjaan mereka. Serta para calon peserta pelatihan yang akan dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Bisa dikatakan standart TOEIC dibawah TOEFL. Tes ini tidak membutuhkan pengetahuan khusus mengenai suatu istilah yang sering dipakai dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan. Yang terpenting pada TOEIC adalah bahasa yang digunakan orang dalam aktivitas sehari-hari.

TOEIC adalah salah satu tes yang tepat dalam menilai kemampuan Bahasa Inggris di dunia kerja, karena pertanyaan dalam tes ini disusun berdasarkan pengaturan dan situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa pertanyaan yang biasanya muncul pada tes TOEIC adalah pengembangan perusahaan seperti riset dan pengembangan produk. Ada juga mengenai perjamuan makan seperti perjamuan bisnis dan makan siang yang informal, resepsi, perjamuan makan dan pemesanan restoran.

Selain itu pertanyaan yang sering muncul, hiburan seperti bioskop, teater, musik, kesenian, pameran, museum, media. Ada juga Keuangan dan anggaran Belanja seperti perbankan, merjer, investasi, perpajakan, akuntansi, pembayaran rekening.

Biasanya juga muncul pertanyaan mengenai bisnis umum seperti kontrak kerja, kontrak negosiasi, pemasaran, penjualan, garansi, perencanaan bisnis, konferensi, dan hubungan tenaga kerja.

Ada juga mengenai kesehatan seperti asuransi media, mengunjungi dokter, dokter gigi, klinik, rumah sakit. Termasuk juga property seperti kontruksi, spesifikasi, sewa beli. layanan listrik dan gas. Pabrik seperti perakitan, manajemen pabrik, kualitas mutu.

Pertanyaan seputar bidang perusahaan seperti rapat dewan, komite, surat-surat memorandum, telepon, fax dan e-mail, perlenkapan kantor dan perabit rumah, prosedur kantor, sering muncul juga.

Kamu juga harus mengetahui persoalan mengenai personalia seperti perekrutan dan penerimaan karyawan baru, surat pengunduran diri, slip gaji, surat promosi, bahasa lowongan kerja, iklan. Pembelian seperti pembelanjaan, pemesanan peralatan kantor, pengiriman barang dan faktur.

Selain itu juga terdapat pertanyaan area teknis seperti elektronik, teknologi, komputer, laboratorium dan perlengkapannya, spesifikasi teknis.

Yang terakhir, pertanyaan mengena perjalanan seperti kereta api, pesawat terbang, taksi, bus, kapal laut, kapal feri, tiket, jadwal, stasiun dan penjadwalan, informasi jadwal dan pengumuman di stasiun dan bandara, penyewaan mobil, hotel, reservasi, keterlambatan dan pembatalan.

Format Tes TOEIC Adalah :

TOEIC Tes Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris 1

Kamu harus memahami bahwa disetiap tes yang terpenting adalah bagaimana format tes tersebut. Tipe pertanyaan pada TOEIC adalah pilihan ganda yang terdiri dari 200 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 2 jam.

Pada tes ini kamu harus mengikuti dua sesi ujian. Misalnya, TOEIC Listening dan Reading yang masing-masing sesi terdiri dari 100 pertanyaan. Sesi pertama TOEIC adalah Listening Comprehension, kamu akan diberikan waktu 45 menit untuk menyelesaikan semua soal.

Biasanya soal listening berisi gambar yang terdiri dari 20 soal, Question and Response yang terdiri dari 30 soal, Short Conversation yang terdiri dari 30 soal, dan Short talks yang terdiri dari 20 soal.

Biasanya soal reading pada TOEIC terdiri dari 100 soal, kamu akan diberikan waktu 75 menit untuk menyelesaikan keseluruhan soal.

Soal reading TOEIC adalah Incomplete sentence terdiri dari 40 soal, Error recognition terdiri dari 20 soal dan Reading comprehension terdiri dari 40 soal.

Setelah mengetahui format tesnya, kamu harus rajin latihan, latihan dan latihan. Kunci kesuksesan sebuah tes yaitu dengan rajin berlatih dan belajar.

Untuk mendapatkan nilai terbaik kamu juga harus belajar untuk mengerjakan latihan sendiri, berikut aplikasi yang bisa membantu kamu untuk belajar :

  1. Learn English Audio and Video

Aplikasi yang pertama yakni LearnEnglist Audio and Video dan software ini dikembangkan oleh British Council. Kamu bisa meningkatkan kemampuan listening dari percakapan bahasa inggris sehari-hari dengan topik yang lumayan beragam. Aplikasi ini dapat kamu download secara gratis di Play Store.

  1. My Word Book

Aplikasi belajar tes TOEIC adalah My Word Book. Dengan batuan aplikasi ini, kamu dapat belajar vocabulary dengan cara set interaktif flashcard. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat membantu kamu belajar vocabulary melalui set interaktif flashcard. Dengan mengetahui banyak kosa kata, akan membantu kamu lebih mudah pada tes speaking TOEIC. Aplikasi ini tersedia secara gratis.

  1. Sounds Right

Buat kamu yang ingin belajar cara pengucapkan bahasa inggris sehari-hari dengan benar, ada baiknya kamu menggunakan aplikasi ini untuk membantu belajar. Sounds right menyediakan bagan interaktif yang menunjukan vocal dan konsonan yang dilengkapi dengan pemutar audio.

Kamu bisa memilih, ingin menuliskan kata atau mengatakan kata-kata tersebut secara langsung, dengan begitu aplikasi ini akan mengeluarkan suara dengan pronounciation yang benar.

  1. Johnny Grammar’s Word Challenge

Bisa dilihat dari nama aplikasinya Johnny Grammar’s Word Challenge, aplikasi ini dapat membantu kamu belajar Grammar dan vocabulary dengan metode kuis sehingga belajar menjadi lebih asik dan seru.

Kamu akan merasa ditantang karena kamu hanya diberikan waktu 60 detik untuk menjawab pertanyaan sebanyak mungkin pertanyaan. Kamu dapat mendownload aplikasi ini secara gratis.

  1. Listen and Speak

Aplikasi terbaik untuk belajar bahasa inggris sehari-hari yang dipergunakan dalam dunia kerja adalah Listen and Speak. Aplikasi ini memili fitur untuk menerjemahkan semua kalimat atau ke dalam bahasa yang kamu pilih.

Yang paling menyenangkan, aplikasi ini bisa memberikan analisis kemampuan berbicara yang kamu ucapkan dengan memberikan gambaran tentang bagian atau aspek mana yang harus diperbaiki sehingga kamu dapat berbicara dengan baik dan benar.

Baca Juga: 6 Langkah Menghadapi Tes TOEIC Reading dan Listening

TOEIC Sukses Dengan Mengikuti Preparation di Westwood Prep

TOEIC Tes Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris 2

 

Sekitar 180.000 orang per tahun memilih tes TOEIC untuk keperluan pekerjaan. Tes ini juga telah diakui oleh ratusan perusahaan nasional maupun internasional. TOEIC adalah dasar untuk melihat kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki pada tingkat menengah.

TOEIC adalah tes yang tidak memiliki basic komputer, kamu mengisi jawaban pada selembar kertas. Yang diukur pada tes ini adalah kemampuan mendengarkan membaca dan berbicara menulis dalam bahasa inggris yang dipakai sehari-hari.

Bagi kamu yang tidak bisa belajar secara otodidak, kamu bisa mengikuti preparation di Westwood Prep. Di lembaga preparation ini kamu akan diajarkan mengenai pemahaman mendengarkan dan membaca.

Pada pemahaman mendengarkan, kamu akan mendengarkan mengenai mendengarkan laporan mencatat, pertanyaan, percakapan singkat antar dua orang dan pembicaraan singkat dalam bahasa Inggris.

Pada pemahaman membaca, kamu diwajibkan untuk membaca paragraf bacaan yang berisi kalimat tunggal maupun berupa teks bacaan dan menjawab pertanyaan yang sesuai dengan bacaan tersebut.

Saat kamu mengambil preparation di Westwood Prep, kamu akan mendapatkan manfaat yaitu kemajuan atas kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki. Preparation TOEIC di Westwood Prep diterima secara luas sebagai lembaga yang baik, yang dapat meningkatkan skor yang kamu capai.

Saat melakukan preparation di Westwood Prep, kamu akan belajar fokus pada uji kemampuan secara keseluruhan dalam menggunakan bahasa Inggris sehari-hari.

Memang benar untuk meningkatkan kemampuan membutuhkan waktu. Pada umumnya kemampuan kita akan berkembang jika dicapai melalui kombinasi latihan dan belajar yang teratur.

Dengan mengikuti preparation di Westwood Prep, kamu akan berlatih menjawab contoh-contoh pertanyaan yang sesuai dengan yang diujikan .

Semua itu agar kamu lebih akrab dengan pertanyaan yang ada pada saat tes berlangsung. Kamu akan diajarkan taktik menjawab soal dengan benar, cara menggunakan waktu secara efektif dan efisien.

Yang perlu kamu tahu bahwa Westwood Prep telah mengembangkan teknik-teknik yang fokus pada perluasan kemampuan siswa untuk belajar dan secara akurat menggunakan kosa kata yang dipakai dalam kehidupan pekerjaan sehari-hari.

Untuk memudahkan siswa memahami setiap pertanyaan dengan baik, Westwood Prep menggunakan contoh peristiwa nyata untuk membantu menggambarkan materi yang sulit.

Kamu bisa percaya atau tidak, bahwa kehidupan percintaan yang kamu alami bisa membantu untuk memahami pengandaian yang sesuai dengan ketentuan grammar.

Karena kehidupan percintaan tidak bisa dijauhkan dari kehidupan kita sehari-hari, maka akan lebih mudah memahaminya. Yang terpenting dari semuanya adalah jangan takut untuk terus belajar dan berlatih.

Westwood Prep akan mengumpulkan pertanyaan yang disusun secara terstruktur agar dapat menganalisis keterampilan yang kamu miliki serta bisa mengatasi persoalan belajar yang disiasati dengan memperhitungkan masalah kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki.

Westwood Prep akan mengoptimalkan kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki untuk belajar cepat dan efektif. Setiap pertanyaan pada tes TOEIC adalah menganalisis langkah demi langkah untuk menemukan jawaban yang tepat. Di Westwood Prep kamu akan diberikan pelajaran mengenai teknik yang tepat untuk menghilangkan kesalahan jawaban dan memilih jawaban yang benar agar mencapai skor terbaik.